Breaking News: Tergerus Air Sungai, Rumah Warga Terongan Longsor

BANYUWANGI | TRANSPUBLIK.co.id – Hujan deras pada Selasa 14 September 2021 terjadi pada pukul 17.00 WIB membuat sebagian wilayah di kecamatan Kalibaru terendam banjir, seperti yang terjadi di Dusun Margo Makmur, Desa Kalibarukulon. Selain itu juga ada longsor, seperti halnya di Dusun Terongan, RT 01/RW 01 Desa Kebunrejo satu rumah warga terdampak longsor.

Pantauan media ini di lokasi, rumah warga tersebut memang tepat berada di dekat Sungai Kalibaru, sehingga ketika debit air sungai meningkat, tanah yang ada di bibir sungai tergerus sehingga menyebabkan longsor.

Breaking News: Tergerus Air Sungai, Rumah Warga Terongan Longsor
Breaking News: Tergerus Air Sungai, Rumah Warga Terongan Longsor.

Ismanto dan Moch Sholeh relawan BPBD kecamatan Kalibaru, Kabupaten Banyuwangi menjelaskan, beberapa hari ini di wilayah kecamatan Kalibaru terjadi hujan rintik-rintik, dan hujan yang sangat deras sekali terjadi mulai kemarin sore menjelang magrib, Selasa (14/9/2021) sekira pukul 17.00 WIB sampai pukul 21.06 WIB. Sehingga beberapa sungai meluap salah satunya Sungai Kalibaru dan menggerus tanah bagian samping rumah warga bernama Busani (66), warga Dusun Terongan sehingga longsor.

“Selasa malam, Rabu tepatnya sekira pukul 19.00 Wib terjadi longsor dan mengakibatkan satu rumah warga atas nama Busani (66) hampir ambrol ke sungai yang tingginya sekitar 4 meter dan didalam rumah sampai ke teras sudah terlihat retakan yang sangat mengkuatirkan,” terangnya. Akibat kejadian ini, rumah yang dulunya dibangun melalui bedah rumah sekarang tidak bisa di tempat.

Baca Juga:  Sempat Viral, Polisi Pastikan Kelas Yoga Orgasme di Ubud Bali Batal Digelar

“Setelah kejadian tanah longsor kami TRC BPBD kecamatan Kalibaru langsung mendatangi lokasi untuk melakukan evakuasi beberapa material rumah, dan sebelumnya kami bersama warga terjun ke sungai memotong pohon bambu yang berada di tengah sungai serta kami bersama warga melakun beberapa cara untuk mumbuang air sungai tersebut kesebelas kiri. Tujuannya supaya air sungai itu tidak terus menggerus tebing yang longsor, karena tebing yang longsor dan diatasnya berdiri sebuah rumah, yang jalur sungainya menikung ke kanan,” ujarnya, saat di mintai keterangan media Trans Publik .co.id.

Pantauan dilokasi tanah longsor, turut hadir ikut membantu Sekdes Desa Kebunrejo, anggota Koramil 0825/05 Kalibaru, petugas pengairan dan dua orang relawan TRC BPBD Banyuwangi yang selalu stanbay di wilayah Kecamatan Kalibaru, serta puluhan warga juga ikut membantu mengevakuasi.

Baca Juga:  Di Masa AKB, Ditpolairud Polda Banten Imbau Masyarakat Terapkan Protokol Kesehatan

(TP/Red)

Komentar