Sahuti Keluhan Calhaj Lansia, Bobby Nasution Siap Mengirim Sebanyak Dua Unit Buggy Car

MEDAN – Wali Kota Medan Bobby Nasution akan mengirimkan dua unit buggy car (mobil golf) untuk melayani calon jemaah haji (calhaj) yang lanjut usia di Asrama Haji Embarkasi Medan. Hal itu dilakukan untuk menyahuti keluhan para calhaj lansia karena tempat penerimaan dengan penginapan sedikit jauh jaraknya.

“Insya Allah, hari ini kami kirim dua unit buggy car untuk memudahkan, menyamankan dan memastikan para calhaj yang merupakan tamu-tamu Allah ini, terutama yang lansia mendapatkan fasilitas yang baik,” kata Bobby Nasution saat melepas calhaj asal Kota Medan yang tergabung dalam Kloter 4 di Asrama Haji Jalan AH Nasution Medan, Kamis (16/5/2024).

Selain pengiriman dua unit buggy car, kata Bobby Nasution, Pemko Medan juga berupaya untuk memberikan kenyamanan bagi para calhaj, tidak hanya dalam menjalankan ibadah haji saja, tapi juga merasa nyaman saat meninggalkan Tanah Air, Kota Medan maupun rumah serta keluarganya masing-masing.

Baca Juga:  Lantas Polsek Medan Helvetia Tangani Para Korban Dalam Kecelakaan di Jalan Matahari Raya Medan, 1 Orang Meninggal Dunia Dalam Insiden Kecelakaan

“Kami sudah menyurati kecamatan, kelurahan serta TNI dan Polri untuk mendata dan menjaga rumah para calhaj satu persatu. Apabila ada anggota keluarganya yang masih balita dan lansia yang butuh perhatian akan menjadi perhatian khusus bagi kami,” ungkapnya.

Dengan upaya (fasilitas) yang diberikan Pemko Medan tersebut, Bobby Nasution yang hadir didampingi Pj Sekda Kota Medan Topan Obaja Ginting, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Medan HM Sofyan, Kabag Tata Pemerintahan Subhan Fajri Harahap dan Kabag Kesejahteraan Rakyat Abu Kosim, menantu Presiden Joko Widodo ini berharap agar para calhaj dapat menjalankan ibadah haji dengan ikhlas dan tenang.

Baca Juga:  Bupati Langkat Diduga Lakukan Perbudakan Modern, Ada Temuan Penjara dalam Rumah

“Mudah-mudahan apa yang kami berikan ini dapat membuat bapak dan ibu calhaj dalam menjalankan ibadah haji ini merasa sedikit lebih aman dan nyaman ketika meninggalkan rumah serta keluarganya,” harapnya.

Di penghujung sambutannya, Bobby Nasution berpesan kepada seluruh calhaj untuk saling membantu selama berada di Tanah Suci. Sebab, imbuhnya, fisik calhaj tidak semua sama, begitu juga pengetahuan akan melaksanakan rukun-rukun haji. Karenanya, ia berharap untuk saling membantu dan menginformasikan sehingga dapat menjalankan seluruh rukun haji.

Sedangkan kepada petugas haji dari Kota Medan, Bobby Nasution juga mengingatkan, selain menjalankan ibadah haji, juga utamakan calhaj dari Kota Medan, terutama fisik dan rukunnya. Ditambah lagi, imbuhnya, berdasarkan informasi yang diterima, suhu saat melaksanakan ibadah haji nanti lebih panas dari Kota Medan.

Baca Juga:  1167 positif, 21 Meninggal Terkonfirmasi Covid-19 di Tapanuli Utara

“Kemungkinan suhu di Tanah Suci nanti di atas 40 derajat celcius. Untuk itu persiapkan fisik dengan baik,” pesannya.

Terakhir, orang nomor satu di Pemko Medan ini mengucapkan selamat jalan dan menunaikan ibadah haji kepada seluruh calhaj. “Doakan saudara-saudara kita agar memiliki kesempatan yang sama dengan bapak dan ibu yang hari ini akan berangkat ke Tanah Suci. Titip, doakan juga Kota Medan agar senantiasa diberkahi Allah SWT,” harapnya.

Sementara itu berdasarkan data dari Petugas Penyelenggara Ibadah Haji Embarkasi Medan, jumlah calhaj Kloter 4 sebanyak 348 orang dengan perincian pria 159 orang dan Wanita 189 orang serta ditambah 3 orang Petugas Haji Daerah Kota Medan, TPHI (1 orang), TPIHI (1 orang) dan TKH (3 orang) sehingga total keseluruhannya sebanyak 356 orang.

Komentar