RPS Menjadi Solusi Kehadiran Gepeng

MEDAN – Sekretaris Komisi II DPRD Medan, Wong Chun Sen mendorong Pemko Medan melalui organisasi perangkat daerah (OPD) terkait untuk segera mengoperasionalkan Rumah Perlindungan Sosial (RPS) yang telah selesai dibangun.

Sebab, RPS tersebut nantinya akan sangat berguna untuk menampung para gelandangan dan pengemis (gepeng) yang hampir ditemukan di setiap sudut Kota Medan. “Kita akan mendorong agar Rumah Perlindungan Sosial itu segera dioperasionalkan. Justru ini memang sudah kita tunggu, kenapa harus ditunda-tunda lagi,” ucap Wong dikutip Sabtu (8/6/2024).

Baca Juga:  Semarakkan Hari Bhayangkara ke-76, Polda Sumut Gelar Bakti Sosial dan Bantuan Sosial

Wong mengaku heran kenapa Pemko Medan sampai saat ini tidak juga mengoperasionalkan Rumah Perlindungan Sosial tersebut. Padahal, pembangunan sudah selesai sejak Februari 2024 lalu. “Sudah empat bulan berlalu, apa masalahnya gak dioperasionalkan. Kalau untuk kepentingan rakyat jangan ditunda-tunda. Kalau memang belum diserahterimakan, segera lakukan,” tegasnya.

Baca Juga:  Sukseskan P4GN, Seluruh Petugas Lapas Binjai Menjalani Tes Urine

Wong menyebut hadirnya Rumah Perlindungan Sosial sedikit banyaknya akan menjadi solusi untuk mengurangi kehadiran gepeng di Kota Medan. “Kita (Kota Medan) kota terbesar ketiga di Indonesia. Keberadaan para gepeng di setiap persimpangan jalan jelas akan membuat buruk wajah Kota Medan. Makanya Rumah Perlindungan Sosial ini agar segera operasionalkan. Karena selama ini kan Pemko kesulitan menangani permasalahan gepeng karena tak punya tempat penampungan,” ucap politisi PDIP tersebut.

Baca Juga:  Danrem 061/SK Apresiasi Kinerja Reskrim Polresta Bogor Kota Mengungkap Kejahatan Jalanan

Terhadap gepeng di Kota Medan, Wong meminta Pemko Medan agar memfasilitasi mereka untuk pulang ke daerah asalnya.

“Rumah Perlindungan Sosial itu juga ada kapasitas penampungannya, harapan kita yang ditampung itu yang utamanya warga Kota Medan. Jadi bagi yang bukan warga Kota Medan, kita harap dipulangkan ke daerah asalnya,” pungkasnya.

Komentar