Media Handling dan Public Speaking, “Senjata” Dansat dan Pejabat Penerangan di Era Teknologi

BANDUNG– Memasuki era keterbukaan informasi, publik menuntut transparansi dari lembaga pemerintah, tak terkecuali dari institusi militer. Itulah mengapa penting bagi prajurit TNI AD, khususnya Komandan Satuan (Dansat) dan Pejabat Penerangan, untuk memiliki kemampuan berkomunikasi yang efektif, baik secara langsung _(public speaking)_ maupun melalui media _(media handling)_.

Hal tersebut disampaikan Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc. dalam amanat tertulisnya yang dibacakan Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (Wakasad), saat menutup kegiatan _Media Week_ bagi Perwira Siswa Pendidikan Reguler (Pasis Dikreg) Angkatan LXIV Sekolah Staf dan Komando Angkatan Darat (Seskoad) di Gedung Gatot Soebroto, Seskoad, Bandung, Jawa Barat, Jumat (31/5/2024).

Baca Juga:  Cegah Radikalisme, Dandim 0203/Lkt Meresmikan Kampung Pancasila

“Para perwira lulusan Dikreg Seskoad diharapkan menguasai dan mahir dalam komunikasi publik, termasuk saat berinteraksi dengan awak media,“ kutip Wakasad.

Sebagai penyelenggara pendidikan pengembangan umum tertinggi di TNI AD, Seskoad bekerja sama dengan pihak Media Group sengaja menggelar program _Media Week_ ini. Materi utama yang disajikan adalah _Public Speaking_ dan _Media Handling_, kegiatan ini diisi dengan beragam materi yaitu kehumasan, _doorstop interview_, media center, _talk show_, dan konferensi pers. Tujuan kegiatan ini adalah agar Pasis Seskoad memiliki kemampuan manajerial komunikasi publik yang semakin baik ke depannya.

Baca Juga:  Luar biasa, 200 Prajurit TNI AL Berasal dari Papua Awak Kapal Perang RI Jaga Kedaulatan dan Keutuhan NKRI

_Public Speaking_ dan _Media Handling_ nantinya pasti akan menjadi “senjata” atau bekal penting bagi Dansat dan Pejabat Penerangan Satuan, dalam berkomunikasi dan berinteraksi dengan masyarakat dalam rangka menjaga citra positif TNI AD. Kemampuan ini tidak hanya dapat mempermudah diplomasi dan proses negosiasi, tetapi juga membantu dalam menyampaikan informasi yang efektif, terutama dalam situasi krisis atau darurat.

Dalam kesempatan tersebut, Pemimpin Redaksi (Pemred) Metro TV, Budiyanto, sebagai perwakilan Media Group, menyampaikan apresiasinya atas inisiatif TNI AD untuk bekerja sama dengan media dalam menyelenggarakan kegiatan _Media Week_ ini. Ia juga mengatakan bahwa pihaknya siap mendukung kegiatan lainnya terkait pengetahuan komunikasi pada jenjang pendidikan/pelatihan lainnya yang diselenggarakan oleh TNI AD.

Baca Juga:  Bersama Membangun Desa, Prajurit Lanal Banyuwangi Tergabung dalam TMMD ke-111 Tahun 2021

Usai menutup _Media Week_, Wakasad juga menyempatkan diri untuk meninjau ruang praktek dan prasarana penunjang lainnya di lingkungan Seskoad, serta menyaksikan langsung praktek wawancara media dan _talk show_ yang diperagakan oleh para Pasis Seskoad. *(Dispenad)*

Komentar