Bentuk Generasi Muda yang Berwawasan Kebangsaan Kapolres Simalungun Gelar Police Goes to School

SIMALUNGUN – Kepolisian Resor (Polres) Simalungun melaksanakan kegiatan Cooling System Pojok Pemilu dan program Police Goes to School di SMK YAPIM TARUNA Bandar, yang dipimpin langsung oleh Kapolres Simalungun, AKBP Ronald F.C. Sipayung. Kegiatan ini berlangsung pada hari Selasa, 5 Desember 2023, mulai pukul 09.00 WIB hingga selesai, di Jln. Rajamin Purba, Perdagangan III, Kecamatan Bandar, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara.

Dalam sambutannya, Kapolres Simalungun, AKBP Ronald F.C. Sipayung, menekankan pentingnya etika dan budi pekerti dalam membentuk karakter penerus bangsa. Beliau menyampaikan bahwa kecerdasan intelektual memang penting, namun tidak lebih berharga dari etika dan budi pekerti yang baik.

“Kita memang menghargai kecerdasan dan pengetahuan,” kata AKBP Ronald, “namun, perlu kita pahami bahwa orang pintar atau cerdas belum tentu dapat menjadi pelopor kebaikan jika tidak didukung dengan etika yang baik. Etika adalah landasan bagi setiap tindakan kita, dan bisakah kita membayangkan, jika orang yang cerdas itu tidak memiliki etika bagus, bisa merugikan banyak orang. Sebaliknya, orang dengan etika bagus akan selalu menjadi aset berharga bagi komunitas dan bangsa.”

Baca Juga:  Polri | Poldasu Sambut HUT Polwan ke-72 Gelar Bhakti Sosial Donor Darah

AKBP Ronald juga menambahkan, “Dalam era globalisasi dan kemajuan teknologi yang serba cepat ini, tantangan yang dihadapi oleh generasi muda sangat kompleks. Karenanya, sangat penting untuk tetap berpegang pada nilai-nilai etika dan moral. Etika dan budi pekerti yang baik harus menjadi kompas dalam setiap langkah dan keputusan kita.”

Dia menegaskan bahwa pembangunan karakter dan etika harus menjadi prioritas bersama, bukan hanya di lingkungan sekolah tapi juga di rumah dan dalam masyarakat. Pihak sekolah, orang tua, dan seluruh elemen masyarakat memiliki tanggung jawab dalam membentuk karakter anak bangsa.

“Mari kita tanamkan nilai-nilai positif ini sejak dini sehingga anak-anak kita dapat tumbuh menjadi pemimpin masa depan yang bukan hanya pandai dalam ilmu pengetahuan, tetapi juga kaya akan kebajikan, memiliki integritas tinggi, dan mampu menjadi contoh bagi masyarakat,” ucap Kapolres Simalungun.

Program Police Goes to School ini dianggap sebagai salah satu langkah penting dalam membekali generasi muda dengan pengetahuan dan keterampilan, serta nilai-nilai etis yang akan membimbing mereka menjadi warga negara yang bertanggung jawab dan berkontribusi positif untuk Indonesia.

Baca Juga:  Wakapolsek Medan Helvetia Langsung Pimpin Cek Tkp Temuan Mayat Gantung Diri di Perumahan Ivory Medan

Acara ini dihadiri oleh Kapolres Simalungun bersama Kasat Resnarkoba, AKP Adi Haryono, S.H., Kasat Binmas, AKP Hengky B. Siahaan, S.H., Kapolsek Perdagangan, AKP Julipan Panjaitan, S.H., serta personel Polres Simalungun dan Polsek Perdagangan, termasuk Babinsa Koramil Perdagangan, Serda Irwan. Hadir pula struktur sekolah yang terdiri dari Kepala Sekolah SMK Swasta YAPIM, Suharti S.Pd., Camat Bandar, Tagon P Sihotang, MSTTP, Wakil Kepala Sekolah dan para guru, serta sekitar 1.200 murid sekolah tersebut.

Dalam kegiatan ini, Kapolres Simalungun mengadakan apel rutin dan memberikan edukasi mengenai wawasan kebangsaan, sosialisasi mengenai bahaya narkoba, anti-bullying, dan pemilu damai. Ini merupakan upaya Polres Simalungun untuk memberikan pemahaman dan meningkatkan semangat kebangsaan, nilai-nilai toleransi, dan cinta tanah air di kalangan generasi muda.

Baca Juga:  Masuki Adaptasi Kebiasaan Baru, Polres Pakpak Bharat Terapkan Anjuran Protokol Kesehatan Kepada Masyarakat

Pihak sekolah dan para peserta didik menyambut gembira kehadiran AKBP Ronald F.C. Sipayung dan timnya, menyatakan kebanggaan mereka dan rasa semangat baru untuk mendukung pemeliharaan keamanan, ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di wilayah Kabupaten Simalungun. Pengurus sekolah menyatakan kesiapannya untuk mendukung Polres Simalungun dalam penyelenggaraan Pemilihan Umum yang aman dan kondusif. Selain itu, diimbau kepada siswa dan siswi untuk menghindari penyalahgunaan narkoba serta menjaga keamanan dan ketertiban.

Program Police Goes to School merupakan inisiatif Polri yang bertujuan mengedukasi dan menyosialisasikan pentingnya nasionalisme, membangun kedekatan dengan pelajar, dan membina generasi penerus bangsa. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan banyak manfaat bagi para siswa dan siswi sebagai bagian dari upaya memajukan generasi muda serta masyarakat luas.

Polres Simalungun berkomitmen terus melakukan pendekatan yang positif dan konstruktif terhadap pemuda dan masyarakat, membangun dialog serta kerja sama yang erat dalam rangka menciptakan lingkungan yang aman dan harmonis.(joe) (ezri)

#Humas_Polres_Simalungun.

(TP/Ezri)

Komentar