Bobby Nasution Susur Sungai Deli, Progres Pembersihan Mencapai 24,63%

Medan – Sejak digelar 27 September 2023, progres  Gotong Royong Bersih Sungai Deli Kolaborasi Pemko Medan dengan TNI AD mengusung tema “Peduli Deli” yang  dilaksanakan di empat sektor hingga Jumat (13/10), telah mencapai 24,63 persen dari target yang telah ditetapkan. Capaian pembersihan yang dilakukan masing-masing sektor kurang lebih sepanjang 3,5 km.

Hal ini terungkap dalam pemaparan yang disampaikan Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Aspem Kesra) Setda Kota Medan H M Sofyan kepada Wali Kota Medan Bobby Nasution sebelum melakukan penyusuran  Sungai Deli menggunakan perahu karet, Senin (16/10/2023).

Dilaporkan Sofyan, masing-masing sektor melakukan pekerjaan di lereng kiri dan kanan sungai. Sedangkan untuk pekerjaan penampang basah, sambungnya, sudah mencapai 13,03 persen atau 2.842 meter. Sesuai dengan lembar kerja BWSS, panjang pekerjaan teknis penampang basah 21,8 km.

Baca Juga:  Penerapan Prokes : Kapoldasu, Pangdam I/BB dan Wali Kota Medan Tinjau di Stasiun Kereta Api

“Jadi memang berbeda jarak pengerjaan gotong royong di sisi kanan kiri sungai yang panjangnya 34,5 km dengan penampang basah dengan panjang 21,8 sesuai dengan lembar kerja BWSS II. Selain itu, sampai saat ini pekerjaan berjalan dengan lancar,” ungkap Sofyan.

Susur Sungai Deli  ini dilakukan menantu Presiden Joko Widodo itu guna melihat hasil gotong royong yang telah dilakukan selama ini. Penyusuran dilakukan bersama Dandim 0201/Medan Kol Inf Ferry Muzawwad, Kapolres Pelabuhan Belawan, AKBP Josua Tampubolon, Kepala Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera II Mohammad Firman, Aspem Kesra Pemerintahan dan Kesejahteraan H M Sofyan serta pimpinan perangkat daerah di lingkungan Pemko Medan.

Baca Juga:  Coba Kabur dari Polisi, Esok Harinya Langsung Dicengkram Tim Rajawali Bersinar, Diduga Pengedar Ganja dan Sabu

Dari aliran Sungai Deli di Medan Labuhan Km 17,5 Medan menjadi titik dimulainya penyusuran dan berakhir di aliran Sungai Deli Jalan Young Panah Hijau, Kelurahan Labuhan Deli, Kecamatan Medan Marelan. Dalam penyusuran yang dilalukan, Bobby Nasution melihat personel gabungan melakukan pembersihan sungai didukung sejumlah alat berat milik Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga dan Bina Konstruksi Kota Medan, TNI AD serta BWS Sumatera II.

Terlihat satu unit excavator tengah mengeruk sendimen yang ada di dalam sungai sehingga sungai tersebut tidak mengalami pendangkalan. Setibanya di titik akhir yakni di aliran Sungai Deli Jalan Young Panah Hijau, terlihat masyarakat menyambut kedatangan orang nomor satu di Pemko Medan ini. Tidak hanya kaum ibu-ibu, anak SD yang berada di kawasan tersebut juga menyambutnya sembari menyapa, “Pak Bobby” berulangkali.

Baca Juga:  Merasa Disepelekan Komisi I DPRD Batubara, Ketua APINDO Menjawab

Orang nomor satu di Pemko Medan ini  pun langsung tersenyum dan balik menyapa balik masyarakat dengan penuh ramah. Kesempatan itu pun langsung disambut warga untuk berswafoto dengan suami Ketua TP PKK Kota Medan Ny Kahiyang Ayu tersebut.

Selanjutnya kepada warga, Bobby Nasution juga berpesan kepada masyarakat agar tidak membuang sampah ke sungai. “Tolong diperhatikan sampahnya agar tidak dibuang ke sungai, apalagi ini sudah kita bersihkan baik sampah maupun sendimennya. Untuk masyarakat, saya minta jangan membuang sampah ke sungai karena sungai bukanlah tempat sampah,”  pesannya.

(TP/Ezri Situmorang)

Komentar