Dialog Interaktif Poldasu: Polsek Medan Timur Jauh Hari Sudah Ada Pembahasan Tentang Pengamanan dan Pengawasan Pemilu

MEDAN | TRANSPUBLIK.co.id – Dialog Interaktif Polda Sumatera Utara yang kegiatannya diisi oleh Polsek Medan Timur, dengan topik “Situasi di wilayah hukum Polsek Medan Timur,” di channel 94,3 FM Pro 1 RRI Medan, jalan Gatot Subroto 214 Medan, pada Rabu (17/5/2023) sekitar pukul 10.00 WIB hingga selesai.

Narasumber Wakapolsek Medan Timur AKP Edisman Purba SH, MH dan didampingi dari Humas Polda Sumatera Utara Jamaluddin S Sos Paur Subbid Penmas dan Aiptu Widodo Baur Subbid Penmas, serta dipandu oleh host dari RRI Medan Dessy Utami.

Banyak pertanyaan diajukan oleh host maupun pemirsa, diantaranya mengenai aksi tawuran, tentang pencurian dengan kekerasan, padat lalulintas, pelaksanaan Problem Solving, dan Pemilu.

Baca Juga:  Personil TNI dan PNS Jajaran Korem 061/SK Melaksanakan Vaksinasi Massal

“Tawuran, narasumber berkata memulai menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ditujukan kepadanya, untuk mengantisipasi agar tidak terjadi atau berkembang, maka kita mengambil langkah-langkah dengan membentuk Posko Anti Tawuran yang bekerjasama dengan 3 pilar, memberikan pembinaan, penyuluhan dan pesan Kamtibmas di sekolah, meningkatkan patroli dititik rawan, mengaktifkan kembali Kring Reserse, laksanakan penegakan hukum.
Seperti yang terjadi di Jalan Cemara, Jalan Rakyat, Jalan Bilal kita sikapi dan laksanakan penindakan.”

Mengenai pencurian dengan kekerasan (Curas), dilakukan peningkatan volume patroli, menempatkan personel di lokasi yang dianggap rawan oleh reserse, kordinasi dengan jajaran Kepling untuk mengaktifkan Pos Kamling.
Tentang Problem Solving, setiap warga yang mempunyai permasalahan di lingkungannya biasanya mengadukan ke Polisi, sebelum pengaduan diterima, terlebih dahulu dihimbau untuk dimediasi dengan melibatkan 3 Pilar (Bhabinkamtibmas, Babinsa, Kepling) untuk dicarikan penyelesaiannya. Hal ini khususnya kasus-kasus tindak pidana ringan, jelas AKP Edisman.

Baca Juga:  Polsek Medan Timur Razia Asmara Subuh

Selanjutnya narasumber mengatakan, padat lalulintas ada dibeberapa lokasi, seperti di Jalan HM Yamin (simpang Jalan Jawa, simpang Jalan Sutomo, simpang Jalan GB Yosua), dan Jalan Krakatau (Simpang Jalan Bambu ).
Hal ini telah diantisipasi dengan menyiapkan penjagaan dan Pengaturan, rekayasa lalulintas, kordinasi dengan Dishub, bagi pelanggar akan dilakukan penegakan hukum.

Baca Juga:  Hentikan Penyebaran Covid-19, Gubernur Minta Masyarakat Patuhi Imbauan Berdiam Diri di Rumah

Tentang Pemilu, ini memang jauh hari sudah ada pembahasan tentang langkah-langkah apa yang akan dilakukan, seperti setiap kegiatan tahapan Pemilu ditempatkan personil untuk melakukan monitoring dan pengamanan, khusus Kantor KPU Sumut yang berada di Wilayah hukum Polsek Medan Timur setiap ada kegiatan ditempatkan personil pengamanan, tetap berkordinasi dengan PPK Kecamatan dalam pelaksanaan tahapan Pemilu di Wilayah hukum Polsek Medan Timur, ujar Wakapolsek Medan Timur.

Dialog Interaktif Halo Polisi Poldasu berjalan tertib dan nyaman.(*)

(TP/ES)

Komentar