Danlanal Banyuwangi bersama Forkompida Sambut Menteri Maritim dan Investasi

BANYUWANGI | TRANSPUBLIK.co.id – Komandan Pangkalan TNI AL Banyuwangi Letkol Laut (P) Ansori bersama Bupati Kabupaten Banyuwangi Hj. Ipuk Fiestiandani, S.Pd dan Forkopimda Banyuwangi menyambut kedatangan Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Menko Marvest), Luhut Binsar Panjaitan dalam rangka kunjungan kerja (Kunker) di Bandara Internasional Banyuwangi Jl. Tawang Alun Blimbingsari Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Sabtu (19/03/2022).

Kunker Menteri Marvest diawali dengan peninjauan sistem pengolahan sampah dengan inovasi teknologi mesin pencacah sampah dan pengayak kompos yang lebih efektif dan efesien di TPS3R Bio Mandiri Kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi selanjutnya menuju Pendopo Sabha Swagata Blambangan Banyuwangi untuk meninjau produk UMKM hasil buatan masyarakat Banyuwangi.

Dalam sambutannya Bupati Banyuwangi, menyampaikan,
“Selamat datang Bapak Menko Marvest di Banyuwangi, dapat kami laporkan capaian setelah kami menjabat selama 1 tahun sebagai Bupati Banyuwangi dengan program yang berhasil kami capai adalah peningkatan angka kemiskinan terendah se Jawa Timur.” sambutnya.

“Ketika banyak UMKM menjerit sulitnya menjual produknya maka kita fasilitasi berupa ongkos kirim gratis. Ketika mereka menjual produkya ke Papua maka ongkos kirim lebih besar daripada harga produk yang akan dijual, hal itu terjadi pada saat PPKM darurat, Pendapatan perkapita Kabupaten Banyuwangi pada tahun 2019 berada pada angka Rp. 51.000.000, tahun 2020 mengalami penurunan menjadi Rp. 50.000.000., sedangkan pada tahun 2021 mengalami peningkatan menjadi Rp.51.000.000.” paparnya.

Baca Juga:  Bertindak Sebagai Khotib Sholat Jum'at, Danlanal Banyuwangi Ingatkan Selalu Bersyukur

Bupati Banyuwangi menambahkan, “Kami telah melaunching Banyuwangi Rebound, hasilnya semua masyarakat bergerak, bergotong royong, bersama-sama masyarakat untuk membangun banyuwangi, Program Banyuwangi Rebound diantaranya bagaimana menghadapi pandemi, meningkatkan dan memulihkan ekonomi dan merajut harmoni.” terangnya.

“Untuk inflasi kami tetap berupaya menjaga inflasi di Daerah kami, alhamdulillah pada tahun 2021 TPID (Tim Pengendalian Inflasi Daerah) menetapkan Kabupaten Banyuwangi terbaik seJawa Bali.” jelas Bupati Banyuwangi.

Menko Marvest dalam sambutannya menjelaskan, Abdullah Azwar Anas sebagai Kepala LKPP (Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah) akan mengelola ribuan trilyun dana dari pemerintah atau Goverment Recruitmen mempunyai peranan yang sangat penting, saya sudah mengusulkan kepada Presiden supaya pengadaan pemerintah dilakukan melalui E Katalog sehingga akan mengurangi korupsi dan akan membangun UMKM dan inovasi-inovasi, pajak dan sebagainya, tahun ini target kita 400 trilyun goverment pusat dan daerah melalui LKKP,” jelasnya.

Baca Juga:  Danlanal Banyuwangi Tinjau Perakitan dan Resmikan Transplantasi Terumbu Karang

“Dengan hilirisasi kita sekarang ekonomi kita sudah kuat, tahun lalu kita ekspor tertinggi dalam sejarah didalam keadaan Covid adalah 232 Milyard US Dollar dan kita termasuk ekspor tertinggi didunia, dan kita termasuk inflasi terendah didunia, jadi progress kita luar biasa sekali dalam keadaan Covid.” paparnya.

“Setiap menteri-menteri dari berbagai negara yang datang ketempat saya, selalu saya berikan Paparan Slide kita tunjukkan betapa besar Indonesia, Kita Harus Bangga Menjadi Bangsa Indonesia, sebab kita mampu dan bisa penangan Covid yang paling komplek menurut dunia, kita salah satu negara yang terbaik dalam penanganan Covid, karena kita kompak.” pungkas Menteri Marvest.

Diakhir kunjungan kerjanya di Banyuwangi Menko Marvest sekaligus sebagai Ketua PB Pasi Pusat membuka lari estafet 4 X 100 meter putra bertempat di GOR Tawang Alun Banyuwangi.

Baca Juga:  Kunci Rumah Hasil Pembangunan RTLH Diserahkan oleh Dandim 0213/Nias

Disela – sela kunker Menko Marvest, Komandan Lanal Banyuwangi mengatakan, “Investasi bisa datang dan Export bisa meningkat salah satunya dikarenakan berkat Keamanan Laut (Kamla) dan menjamin keamanan seluruh wilayah maritim nusantara aman dengan Gakkum Kamla Gabungan menuju Indonesia Poros Maritim dunia.” tegasnya.

“Kegiatan tersebut sesuai dengan perintah harian KASAL “Jalin soliditas dengan komponen Pertahanan dan Keamanan Negara menuju sinergitas dalam kesemestaan.“ pungkasnya.

Tampak hadir dalam penyambutan Bupati Kabupaten Banyuwangi Hj. Ipuk Fiestiandani, S.Pd, Wakil Bupati Kabupaten Banyuwangi H. Sugirah, Sekda Kabupaten Banyuwangi Ir. H. Mujiono, Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol Nasrun Pasaribu. S.I.K, M.H., Danlanal Banyuwangi Letkol Laut (P) Ansori, M.H., M.Tr. Hanla, Dandim 0825 Banyuwangi Letkol Kav Eko Julianto Ramadhan, M.Tr.(Han) Novanto S.H., Kasidatun Kejaksaan Negeri Banyuwangi dan GM Angkasa Pura II Banyuwangi Indra Wasyah.
( TP/ M.Sholeh )

Komentar