oleh

Pra TMMD Kodim 0206/Dairi Dimulai dengan Menabur Tepung Beras dan Makan Nasi Peleng

PAKPHAK | TRANSPUBLIK.co.id – Program lintas sektoral TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-112 Tahun 2021 dengan tema “TMMD Wujud Sinergi Membangun Negeri”, yang akan dilaksanakan Kodim 0206/Dairi dua pekan lagi resmi dibuka.

Kegiatan yang dilaksanakan sebulan sejak 15 September s.d. 14 Oktober 2021 tersebut melibatkan instansi terkait baik di tingkat pusat maupun di daerah untuk bahu-membahu dalam membantu percepatan pembangunan daerah.

Hari ini,Komandan Kodim 0206/Dairi secara resmi melakukan Tradisi Merkontas (Tepung Tawar atau Syukuran) di lokasi TMMD 112 yang akan dilaksanakan Kodim 0206/Dairi Korem 023/Kawal Samudra Kodam I Bukit Barisan.

Acara Tradisi Merkontas di Desa Aornakan 2 Kecamatan PGGS Kabupaten Pakpak Bharat, Sumut tersebut mengawali dibukanya kegiatan Pra TMMD 112 Kodim 0206/Dairi, Senin tanggal 30 Agustus 2021 pukul 10.20 WIB.

Bersama Unsur Forkopimca dan Tokoh Masyarakat serta dihadiri personel Kodim 0206/Dairi,Tradisi Merkontas dimulai dengan doa dan kata sambutan Dandim,Camat dan Tokoh Masyarakat.

Dengan segenggam tepung beras ,Dandim 0206/Dairi Letkol Arm Adietya Yuni Nurtono SH,menabur tepung beras ke alat berat yang akan melakulan pembukaan badan jalan sepanjang 8000 meter dengan lebar 8 meter dan pembuatan plat beton Gorong-gorong 7 unit serta pengecatan rumah ibadah di Desa Aornakan 2 Kecamatan PGGS Kabupaten Pakpak Bharat,Sumut.

Silih berganti Unsur Forkopimcam PGGS menaburi tepung beras sebagai wujud syukur terlaksananya kegiatan tersebut dan guna memperlancar kegiatan TMMD 112 yanh dilaksanakan Kodim 0206/Dairi.

Usai menaburi tepung beras ,selanjutnya Ketua Sulang Silima Wilson Manik selaku tokoh masyarakat setempat memberikan Nasi Peleng kepada Dandim 0206/Dairi .Nasi Peleng tersebut agar Dandim 0206/Dairi bersama prajuritnya dan Satgas sehat selalu dalam lindungan Allah SWT dan lancar dalam melaksanakan TMMD.

Baca Juga:  Komandan Pangkalan TNI AL Banyuwangi: "Sebanyak 1.368 orang Sudah Divaksin Sinovac"

Disela kegiatan,Dandim 0206/Dairi menyampaikan bahwa kegiatan TMMD 112 yang dilaksanakan Kodim ini merupakan Sinergi antara TNI, Polri Pemda dan masyarakat di sini.

Kegiatan mewujudkan pembangunan dengan tema “TMMD Wujud Sinergi Membangun Negeri”, bermakna kebersamaan guna membantu percepatan pembangunan di daerah/di sini.

Abituren Akmil yang sebelumnya menjabat sebagai Danyonarmed 2/105 Trk/KS ini mengungkapkan,program TMMD ke 112 yang kita laksanakan disini meliputi pembangunan fisik dan program non fisik, yang akan dilaksanakan selama 30 hari.

Selain itu kegiatan non fisik berupa penyuluhan bela negara, wasbang, hukum dan kamtibmas, penyuluhan agama, narkoba, pertanian, peternakan dan perikanan, penyuluhan lingkungan hidup dan kehutanan, KB Kes, Stunting, Posyandu dan Posbindu -PTM.

Untuk kegiatan fisik kita laksanakan pembukaan badan jalan sepanjang 8 Km dengan lebar 8 meter dari Desa Aornakan 2 menuju Desa Kecupak 1 dan pembuatan 7 Plat Gorong-Gorong serta melakukan pengecatan rumah ibadah.

“Besok pagi kita akan memulai pekerjaan Pra TMMD dan kami ikhlas untuk membangun desa ini walaupun dengan keterbatasan dan saya mengharapkan kerjasama antara TNI, Polri dan warga masyarakat dalam kegiatan TMMD disini sehingga dapat selesai tepat waktu,mari kita berdoa agar kegiatan ini dapat berjalan dengan baik dan selesai tepat waktu,” ungkap Dandim.

Baca Juga:  Jaga Kedaulatan Negara, Satgas Yonif 742 Mengecek 544 Patok Perbatasan RI-RDTL

Dandim juga menghimbau kepada personel dan masyarakat dalam melaksanakan pekerjaan TMMD disini tetap mematuhi protokol kesehatan (Prokes) dengan memakai masker.

“Saya minta kepada personel agar menjaga nama baik satuan dan semangat,ikhlas dalam bekerja demi mensejahterakan masyarakat disini lewat program TMMD 112,” pesan Dandim.

Kepala Desa Aornakan 2 Jamenar Berutu mengatakan,kami masyarakat Desa Aornakan 2 mengucapkan terimakasih kepada bapak Dandim 0206/Dairi karena telah bersedia hadir di desa kami untuk membangun jalan

“Saya mewakili warga disini mengucapkan terimakasih kepada tim surve yang telah memilih desa kami untuk kegiatan TMMD 112 dan secara khusus kami mengucapkan terimakasih kepada bapak Dandim ,semoga tidak ada kendala dalam kegiatan TMMD,” ucap Kades seraya menbahkan bahwa maayarakat disini mendukung TMMD .

Hal senada disampaikan ketua BPD Sekecamatan PGGS,Efendi Manik,pihaknya sangat bangga atas adanya pembukaan jalan Aornakan 2,saya mengucapkan terimakasih kepada bapak Dandim dimana tergerak hari beliau untuk membangun kab Pakpak Bharat. “Dengan dibukanya jalan ini kami berharap dapat mendongkrak perekonomian masyarakat Aornakan,” ungkapnya.

Jekjek Manik selaku Tomas menyampaikan puji dan syukur kepada Tuhan atas terlaksananya TMMD di desa kami dan semoga program program kedepan dapat tercapai dengan baik dan sukses.

“Kami berterimakasih kepada bapak Dandim yang telah mengabulkan TMMD di desa kami dna diminta kepada masyarakat agar mari kita bersama sama untuk membantu program TMMD ini sehingga dapat selesai tepat waktu,” sebut Tomas.

Baca Juga:  Satu dari Dua Pelaku Dugaan Jambret Tas Selempang Berhasil Diringkus Unit Reskrim Polsek Bosar Maligas

Apabila ada masalah dilapangan kami minta tolong agar dikoordinasikan kepada tokoh masyarakat,kami tokoh masyarakat siap mendukung kegiatan ini terlaksana dengan baik dengan hasil memuaskan dan bermanfaat selamanya bagi masyarakat,” ucapnya.

Ketua Sulang Silima Wilson Manik mengucapkan terimakaih dan sangat bangga atas perhatian Dandim dengan kampung disini. “Dengan dibukanya jalan ini merupakan tanggung jawab kita semua dan kami berharap kepada pak Dandim agar tetap diberi kesehatan bersama keluarga dan anggotanya,” sebutnya.

Camat PGGS menyampaikan bahwa program TMMD ini adalah program pemerintah yang tujuannya untuk meningkatkan pendapatan perkapita kita untuk itu kita wajib mendukung. “Saya berharap jikalau ada miskomunikasi dilapangan agar kita sama sama menyelesaukannya dan setelah ada pengerjaan ini kita harapkan bisa tepat waktu dan yang mengerjakan pun tetap dalam keadaan sehat,” kata Camat

Selanjutnya seluruh yang hadir makan bersama makanan khas Pakpak.

Turut hadir Dandim 0206/DR Letkol Arm Adietya Yuni Nurtono SH,Pabung Dim 0206/DR Mayor inf M.Nainggolan,Danramil 06/Kerajaan Lettu inf AR.Siregar, Danramil 07/Salak Kapten Czi M.Tambunan, Pasi ter Letda inf Maibang.

Kemudian Camat PGGS Kokmin Manik,Kepala Desa Aornakan 2 Jamenar Berutu,Ketua BPD se kec PGGS,Ketua Sulang silima marga Manik Wilson Manik, Tokoh masyarakat bapak Jekjek Manik dan Idem Manik, Tokoh Agama Islam Ust Biji Manik,Tokoh Agama Kristen Pdt Risma br Boangmanalu dan Perwakilan Masyarakat Desa Aornakan 2 dan Desa Kecupak 1. (Kodim 0206)

(TP/Ad)

Komentar

Berita Terkini