oleh

Ketua PWOIN Sumut Rajendra Sitepu: Peran Insan Pers Harus dalam Tupoksi dan Forsinya

MEDAN | TRANSPUBLIK.co.id – Ketua DPW Perkumpulan Wartawan Online Independent (PWOIN) Sumatera Utara, Rajendra Sitepu kembali mengingatkan fungsi dan peran pers dalam menjalankan tugas mencari berita dalam Tupoksi dan Forsinya serta Profesional.

Media harus menjadi corong menyampaikan keadilan untuk kebenaran. Karena tidak sedikit masyarakat tergilas ketidakadilan. Sehingga hak-hak mereka tergilas oleh oknum- oknum yang tidak bertanggung jawab.

Demikian sampaikan Ketua DPW PWOIN Sumut, Rajendra Sitepu saat memimpin rapat pengurus PWOIN Sumut di Jln Elang, Medan, Sabtu (21/8/2021) sore.

Menjadi seorang wartawan tidak gampang. Meski profesi ini sangat bergengsi di seluruh jagad raya, khususnya du negara -negara demokrasi. Tapi banyak tahapan untuk lalui untuk menjadikan suatu berita.secara seimbang dengan narasi tersebut.

Baca Juga:  Yonkav 6/Naga Karimata Mengevakuasi Korban Banjir

“Dengar, lihat dan konfirmasi atau istilahnya “Delik” itu pun belum cukup kalau tidak dilandasi dengan Sumber Daya Manusia yang berkualitas”, ujar Ketua PWOIN Sumut, Rajendra Sitepu dihadapan sejumlah pengurus dan anggota.

Pria yang biasa disapa Ketua Ajend itu, dengan tegas mengatakan akan membekali ilmu jurnalistik dan kode etik bagi wartawan yang tergabung di PWOIN Sumut, melalui pelatihan.

“Sehingga bisa menjadi wartawan yang handal dan bukan sikalengkaleng”, tutur pria yang juga salah satu tokoh pemuda di Sumatera Utara.

Media harus berani memberitkan hak -hak rakyat yang tertindas. Kejahatan korupsi, atau perbuatan melawan hukum lainnya.

Baca Juga:  Ajak Masyarakat Hidup Sehat, Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Raider 100/PS Pos Karang Menggelar Pembersihan Lingkungan

Peran media harus bisa menjadi corong menyampaikan informasi yang benar dan bermanfaat dan mendidik bagi publik.

Termasuk tentang politik, hukum, ekonomi, bisnis, perkebunan, pertanian, kesehatan, pendidikan, dan hiburan atau kriminal dan lain-lain.

“Headline pada rubrik di media cetak maupun online akan menjadi pertaruhan media tersebut layak dibaca atau tidak. Jika berita yang disajikan itu menerik, pasti minat pembaca akan terus bertambah”, ungkapnya lagi.

“Insya Allah, saya yakin dan percaya, usai pelantikan PWOIN Sumut kita akan menjalankan agenda -agenda sesuai fungsi peran pers untuk keadilan dan kebenaran,” ujar pria yang dikenal sebagai sosok dermawan dan dengan nada optimis.

Baca Juga:  Menyambut Hari Imlek We Care Bagikan Parcel kepada Keluarga Kurang Mampu

Lebihlanjut, ia mengingatkan kepada Panitia Pelaksana (Panpel) pelantikan PWOIN Sumut yang telah dibentuk agar segera merampungkan persiapan.

“Termasuk rencana kita audensi ke sejumlah instansi. Kalau atribut kita sudah selesai dijahit, sudah permohonan audensi sudah bisa disampaikan”, ujar Ketua Ajen Sitepu, didampingi pengurus harian, Horas Sianturi, Ratno, Hendra dan Maslan Tarigan,” ucapnya.

Sementara itu, itu Ketua Panitia pelantikan PWOIN Sumut, Ratno, didampingi oleh Sekretaris Nety dan Tika sebagai bendahara, bersama kepala bidang atau divisi menyatakan segera merampungkan surat menyurat kegiatan.

PWOIN Sumut.

(TP/Iwanda Lubis)

Komentar

Berita Terkini