oleh

Dua Orang Diduga Pemakai Sabu Ditangkap dari Rumah Masing-Masing

TEBING TINGGI | TRANSPUBLIK.co.id – Tim Rajawali Bersinar Satres Narkoba Polres Tebing Tinggi terus mengembangkan sayap untuk mengincar para mangsanya dan selalu dapat sasaran. Seperti halnya pada Senin (2/8/2021) sekitar pukul 23.00 WIB Rajawali Bersinar kembali mencengkram diduga penyalahgunaan narkotika jenis sabu.

Pelaku berinisial SQS alias Ipul alias Memeng (46), Lk, seorang petani warga Dusun II Kuta Baru Desa Kuta Baru Kec.Tebing Tinggi Kab. Serdang Bedagai dan S alias HERI, Lk.(46) Buruh Tani, alamat Simpang Buntal Desa Tanjung Medan Kec. Tanjung Medan Kab. Rokan Hilir Provinsi Riau / Dusun II Kuta Baru Desa Kuta Baru Kec. Tebing Tinggi Kab. Serdang Bedagai.

“Terjadinya pengangkapan terhadap kedua pelaku ini berawal dari laporan warga bahwa ada di sebuah rumah yang berada di Dusun 2 Kutabaru Desa Kutabaru sering dijadikan tempat penyalahgunaan narkotika jenis sabu,” jelas Kasat Narkoba Polres Tebing Tinggi, AKP Mhd. Yunus Tarigan, SH.MH melalui Kasi Humas Polres Tebing Tinggi, Iptu Agus Arianto.

Baca Juga:  Dalam Menyongsong New Normal Untuk Cegah Covid-19, Polsek Pantai Cermin Patroli Gabungan Himbau Masyarakat di Pasar Tradisional

Pertama, lanjut Kasi Humas, petugas melakukan penyelidikan ke TKP sesuai informasi warga. Sesampainya di TKP petugas melihat ada seorang laki-laki dewasa dicurigai sedang memiliki menyimpan dan menguasai narkotika golongan 1 jenis sabu sesuai info warga.

Kemudian petugas melakukan penangkapan terhadap orang tersebut yang diketahui bernama SQS alias Ipul alias Memeng.

“Pada saat dilakukan penangkapan terhadap Ipul alias Memeng petugas menemukan dari kekuasaan dan pengawasan Ipul barang bukti 3 (tiga) paket plastik transparan yang didalamnya berisi serbuk kristal warna putih diduga narkotika jenis sabu dengan berat kotor 0,14 gram dan berat bersih 0,02 gram yang dibalut dengan kertas timah rokok di bawah sofa di ruang tamu rumah tersebut yang disimpan pelaku sebelum penangkapan terhadap dirinya. Petugas mempertanyakan kepada pelaku milik siapa narkotika jenis sabu tersebut selanjutnya pelaku menjawab bahwa narkotika jenis sabu tersebut adalah miliknya,” ujar Agus Arianto.

Baca Juga:  Kapolres Madina Apresiasi Warga Masyarakat dalam Pembangunan Bandar Udara Bukit Malintang

Penyisiran info kedua dari warga didaerah yang sama dilanjutkan petugas dengan langsung menyelidikan rumah TKP kedua. Sesampainya di tempat TKP petugas melihat orang yang disebutkan warga sedang berada dalam tersebut.

“Tidak dikasih ruang gerak petugas langsung menangkap pelaku S alias Heri sembari melakukan penggeledahan. Alhasil petugas menemukan 1 (satu) bungkus kotak rokok Gudang Garam Surya yang berisi 3 batang rokok surya dan 2 (dua) paket plastik transparan berisi serbuk kristal warna putih diduga narkotika jenis sabu dari saku celana bagian depan sebelah kiri yang dipakai pelaku pada saat ditangkap,” imbuh Agus.

Tak sampai disitu petugas juga lakukan penggeledahan disekitaran pelaku dan petugas menemukan 1 (satu) bungkus lagi kotak Gudam Garam Surya yang didalamnya ada 2 (dua) paket plastik transparan yang berisi serbuk kristal warna putih diduga narkotika jenis sabu yang ditemukan petugas dari bawah karpet yang ditiduri pelaku pada saat ditangkap didapur rumah tersebut.

Baca Juga:  PBB Posko Jalan Teri No. 8 Giat Bakti Sosial "Donor Darah" Guna Berbagi Kasih Buat Sesama Manusia

“Dari pelaku H alias Heri petugas menemukan barang bukti 4 (empat) paket plastik transparan yang didalamnya berisi serbuk kristal warna putih diduga narkotika jenis sabu dengan berat kotor 0,76 gram dan berat bersih 0,44 gram, 1 (satu) bungkus kotak rokok Surya Gudang Garam yang berisi 3 Batang rokok Surya Gudang Garam dan 1 (satu) bungkus kotak rokok Surya Gudang Garam,” terang Agus.

“Kemudian petugas mempertanyakan S alias Heri tentang kepemilikan barang haram tersebut dan dia mengakui bahwa itu miliknya. Selanjutnya petugas membawa kedua pelaku dan barang bukti ke kantor Sat Narkoba Polres Tebing Tinggi untuk diperiksa dan diambil keterangannya guna proses perkaranya lebih lanjut,” pungkas Agus mengakhiri.

Sementara Pasal yang dipersangkakan bagi kedua pelaku yaitu Pasal 114 ayat (1), subs pasal 112 (1 ) UU RI No.35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

(TP/AH)

Komentar

Berita Terkini