oleh

Tim sat Reskrim Polsek Kubu Polres Rokan Hilir Membekuk Satu Orang Terduga Pelaku Karhutla

ROKAN HILIR | TRANSPUBLIK.co.id – Tim sat Reskrim Polsek Kubu Polres Rokan Hilir membekuk satu orang terduga pelaku i alias siis (36) warga jalan Datuk Tan sambung kepenghuluan sei panji-panji kecamatan kubu babusalam kabupaten Rokan hilir dalam perkara pembakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah Jalan Lintas Pesisir Kepenghuluan Sei. Panji-panji Kecamatan Kubu Babussalam Kabupaten Rokan Hilir.

Kapolres Rokan hilir AKBP Nurhadi Ismanto SH SIk yang dikonfirmasi Jumat (23/7/2021) melalui kasubbag Humas polres Rokan hilir AKP Juliandi SH membenarkan hal tersebut.

Baca Juga:  Bupati Rohil Deklarasikan Komitmen Publik Percepatan Pencegahan dan Penanganan Stunting Terintegrasi

Juliandi menjelaskan”kejadian berawal pada saat anggota Polsek Kubu mendapat informasi, bahwa di jalan lintas Pesisir Kepenghuluan Sei. Panji-panji Kecamatan Kubu Babussalam telah terjadi kebakaran lahan dengan titik kordinat 2.08454661N 100.66303304E. Dengan gerak cepat tim gabungan menuju lokasi yang dimaksud walaupun kobaran api sudah membakar areal lokasi lahan.

Namun tidak cukup melihat lokasi kebakaran, Tim Reskrim dan Buser Polsek Kubu dibantu masyarakat sekitar berupaya memadamkan api dengan alat seadanya.
Dalam selang waktu 35 menit akhirnya api bisa dipadamkan dan selanjutnya Unit Reskrim Polsek Kubu melakukan penyelidikan pembakaran lahan.

Baca Juga:  Tim Opsnal Reskrim Polsek Bangko Polres Rokan Hilir Mengamankan Terduga Pelaku Curanmor

Dari keterangan dari beberapa saksi diketahui yang melakukan pembakaran lahan tersebut diketahui bernama I Alias Siis Selanjutnya anggota langsung menuju rumah yang diduga melakukan pembakaran tersebut di jalan Datuk Tan Sambung Kepenghuluan Sei. Panji-panji Kecamatan Kubu Babussalam.

Tepatnya, sekira pukul 21.00 Wib Unit Reskrim Polsek Kubu berhasil mengamankan pelaku yang saat itu berada dikediamanya dan kemudian sat di interogasi petugas terhadap pelaku, mengakui bahwa melakukan pembakaran tersebut dengan cara menumpukan kayu-kayu yang telah di imas kemudian dibakar dengan menggunakan mancis.
Lanjut AKP Juliandi tujuan pelaku membakar lahan tersebut rencananya mau di tanami bibit sawit. Setelah mendengar pengakuan dari pelaku selanjutnya Unit Reskrim langsung mengamankan pelaku bersama barang bukti 2 potong kayu bekas terbakar dan 1 pohon sawit dibawa kepolsek kubu guna penyidikan lebih lanjut,” tutup AKP Juliandi SH.

Baca Juga:  Dan SSK Berkata "Perang Melawan Musuh Saja Kami Kalahkan, Lumpur Belum Apa - Apa"

(TP/Budi)

Komentar

Berita Terkini