oleh

Miliki Harapan Baru, Warga Tak Pernah Lelah Bantu Satgas Selesaikan Jalan

TEBING TINGGI | TRANSPUBLIK.co.id – Kuatnya keinginan untuk memiliki sarana jalan yang memadai, warga Dusun VII dan VIII Desa Mabar, Kecamatan Bangun Purba, Kabupaten Deliserdang berjibaku di medan berlumpur. Mereka ikut mempersiapkan badan jalan yang hendak dicor, Selasa (6/7/2021).

Cuaca yang tidak terlalu terik itu, dimanfaatkan oleh warga dengan menebar batu-batu koral sebagai pembantu pengerasan badan jalan yang hendak dicor. Pekerjaan itu dilakukan warga bersama personel Satgas sebagai implementasi dari keinginan untuk memiliki jalan yang memadai dan bebas dari genangan air, berlumpur dan licin.

“Sebelumnya jalan ini menjadi satu-satunya akses kami ke dusun-dusun lainnya di Desa Mabar, Kecamatan Bangun Purba, Kabupaten Deliserdang. Pada musim hujan, kondisinya sangat memprihatinkan. Genangan air di mana-mana, juga berlumpur dan sangat licin dilalui,” ujar Herman Sinaga, salah seorang warga Dusun VII.

Baca Juga:  Lokasi Distribusi Riol Terbilang Ekstrem, Personel Tetap Masukan ke Lokasi TMMD 112

Akibat, mereka harus sangat hati-hati melintasinya. Tak jarang saat mengangkut buah sawit untuk dijual ke tempat penampungan, sepedamotor yang digunakan tergelincir. Selain itu, pada musim kemarau kondisinya berdebu.

Pembuatan jalan dengan konstruksi rigid beton melalui TMMD ini, ujar Herman, membuka harapan mereka untuk meningkatkan kesejahteraan. Itulah yang melandasi mereka tak pernah lelah untuk membantu Satgas menyelesaikan pembuatan jalan itu.

“Tinggal beberapa hari lagi, jalan desa kami sudah dibeton. Tidak becek dan licin lagi. Itulah makanya kami tetap semangat membantu bapak-bapak tentara ini untuk menyelesaikannya,” ujarnya.

Baca Juga:  Dandim 0611/Garut: Tetap Waspada dan Menyiapkan Personil dan Materil untuk Antisipasi Bencana

Sampai Senin (5/7/2021) kemarin, semenisasi
jalan telah mencapai 1.906 meter atau setara 74,89 persen dari rencana sepanjang 2.545 meter dengan lebar 4 meter.

“Jalan pertanian yang dulu masih berupa tanah, dan kini sudah disemen Satgas TMMD ke-111 TA 2021 Kodim 0204/DS ini juga telah mengatasi kendala warga ketika hendak pergi ke kebun maupun aktivitas lainnya,” ujar Pawas TMMD Kodim 0204/DS, Kapten Kav Ishak Iskandar yang juga turun ke lokasi.

Dikala musim hujan, warga kesulitan membawa hasil panen dikarenakan jalan yang dilalui becek dan berlumpur. “Tapi beberapa hari ke depan, impian warga sudah diwujudkan Satgas TMMD Ke-111 Kodim 0204/DS dengan menyelesaikan jalan pertanian yang telah disemen,” ucap Kapten Ishak.

Baca Juga:  Veteran Bangga Silaturahim Bersama Kakanminvetcad I/10 Asahan Terjalin dengan Erat

Tak dipungkiri Kapten Ishak, salah satu tujuan TMMD Ke-111 ini adalah mewujudkan kebersamaan TNI dengan rakyat dan membantu mempermudah ekonomi serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam bentuk akses jalan.

“Dengan adanya semenisasi jalan yang sudah dibuat ini, diharapkan kepada warga dan Babinsa tempatan untuk menjaga dan merawatnya, agar tetap nyaman dalam beraktivitas di kemudian hari,” harap Kapten Ishak.

(TP/AH)

Komentar

Berita Terkini