oleh

Kejari PSP dan Pemko PSP Bersinergi Gelar Vaksinasi Massal Sambut HBA ke-61

transpublik.co.id | PADANGSIDIMPUAN – Ratusan masyarakat mengikuti vaksinasi Covid-19 secara massal salam rangka menyambut Hari Bakti Adhiyaksa (HBA) yang ke-61 tahun 2021, di Gedung Nasional H. Adam Malik Kota Padangsidimpuan, Rabu (7/7/2021).

Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution, SH, berkesempatan hadir dalam kegiatan vaksinasi tersebut. Hadir juga Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Padangsidimpuan Hendry Silitonga, SH, MH, Kadis Kesehatan Kota Padangsidimpuan Sofyan Subri Lubis, S.Sos, M.Kes, Kadis Kominfo Islahuddin Nasution, S.Sos, Dan Ramil 02 Kota Kapten Inf. B  Hutabarat, Camat Padangsidimpuan Utara H. Zulkifli Lubis, SH, para Kasi dan staf se-jajaran Kejari Padangsidimpuan.

Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution, SH menyebutkan, Pemko Padangsidimpuan sangat terbantu dalam hal pencegahan dan penanganan virus yang sangat mematikan tersebut, apalagi hingga saat ini jumlah yang terkonfirmasi terus bertambah.

Apalagi katanya, di masa PPKM darurat yang penyebaran Covid-19 semakin massif. Untuk itu pihaknya menggandeng seluruh pihak termasuk Kejari Padangsidimpuan untuk mengoptimalkan percepatan vaksinasi.

Baca Juga:  Desiminasi Kebijakan Terkait Pelaporan Pemilik Manfaat (Beneficial Ownership) kepada Korporasi di Wilayah Sumut

“Kami juga mengimbau masyarakat untuk turut mensukseskan program vaksinasi Covid-19, sebab vaksinasi ini sebagai upaya percepatan penanganan Covid-19 secara Nasional khususnya di wilayah Kota Padangsidimpuan,” tandas Walikota.

Program vaksinasi yang diselenggarakan Kejari Padangsidimpuan, lanjut Walikota adalah wujud sinergitas Pemko Padangsidimpuan dengan Kejari Padangsidimpuan.

“Saya optimis, target vaksinasi untuk Kota Padangsidimpuan bisa tercapai,” kata Irsan.

Walikota melihat, masyarakat Kota Padangsidimpuan yang berasal dari beberapa wilayah sangat antusias mengikuti vaksinasi massal itu dan menurutnya, program yang diadakan Kejari Padangsidimpuan tersebut adalah terobosan yang luar biasa dalam mensukseskan program vaksinasi Nasional.

“Untuk itu, kami dari Pemko Padangsidimpuan mengucapkan terimakasih yang tidak terhingga kepada Kejari Padangsidimpuan yang senantiasa mendorong pelaksanaan vaksinasi massal ini sehingga dapat terselenggara dengan sukses. Kami juga ucapkan selamat Hari Bhakti Adhyaksa yang ke-61,” katanya.

Sebelumnya, Kajari Padangsidimpuan Hendry Silitonga, SH, MH, mengatakan, pelaksanaan vaksinasi Covid-19 massal yang dilaksanakan tersebut dalam rangka menyambut HBA yang ke-61 tahun 2021, dengan target vaksinasi 300 orang masyarakat umum yang memiliki kartu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS).

Baca Juga:  Aprilla Ajak Pemko PSP Hasilkan Pelayanan Publik yang Prima

“Kejari Padangsidimpuan menggelar bhakti sosial dengan melaksanakan vaksinasi Covid-19 massal untuk masyarakat umum dan ini dilakukan guna mendukung program pemerintah dalam mengantisipasi penyebaran dan penularanan Covid-19 di Kota Padangsidimpuan,” papar Hendry.

Ia menuturkan, dalam kegiatan tersebut, sebanyak tiga ratus atau 30 vial vaksin disiapkan untuk selanjutnya disuntik kepada masyarakat umum yang telah mendaftarkan diri mengikuti vaksinasi.

“Kegiatan dilaksanakan atas kerjasama Kejari Padangsidimpuan dengan Pemerintah Kota (Pemko) Padangsidimpuan berlangsung selama satu hari penuh, dengan target tiga ratus vaksin untuk disuntikkan kepada masyarakat,” tandasnya.

Ia berharap, ratusan vaksin ini habis dan ia mengapresiasi masyarakat Kota Padangsidimpuan yang datang dengan semangat untuk divaksin, yang artinya, kesadaran masyarakat saat ini untuk ikut divaksin sudah mulai meningkat.

Pantauan di lokasi, panitia vaksin memandu masyarakat yang akan divaksin dan dianjurkan untuk disiplin protokol kesehatan. Dimana setiap peserta diatur jaraknya, selama pelaksanaan vaksin wajib memakai masker dan mencuci tangan pakai sabun atau hand sanitizer.

Baca Juga:  Nelson Siagian Terpilih Sebagai Ketua Forum Batak Intelektual (FBI) yang Pertama di Kota Medan

Sementara Kadis Kesehatan Kota Padangsidimpuan Sofyan Subri Lubis, S.Sos, M.Kes, mengatakan, kegiatan vaksinasi Covid-19 massal ini dikoordinir oleh Kejari Padangsidimpuan, yang melibatkan tim medis dari Dinas Kesehatan Kota Padangsidimpuan, Puskesmas, tim Kesehatan TNI AD dan Polri dengan sasaran vaksin diperuntukkan bagi masyarakat umum.

Disebutkannya, sebelum mendapatkan sintikan vaksin, tiap peserta wajib menjalani screning terlebih dahulu, untuk memastikan peserta vaksinasi kondisi sehat. Kemudian petugas vaksinator memberikan suntikan vaksin Sinovac tahap pertama.

“Walaupun hingga saat ini masih ada sebagian kecil masyarakat di Kota Padangsidimpuan yang belum divaksin, namun saya berharap masyarakat lebih proaktif dan mendukung setiap pelaksanaan vaksinasi massal sehingga dapat terbentuk kekebalan tubuh serta pandemi Covid-19 dapat diminimalisir di Kota Padangsidimpuan,” tandas Sopian Subri.

(TP/Heri)

Komentar

Berita Terkini