oleh

Gelar Patroli Humanis PPKM Darurat Skala Besar, Petugas Pos Penyekatan Bagikan Bansos ke Pedagang Kaki Lima

BANYUWANGI | TRANSPUBLIK.co.id – Seluruh petugas Pos Penyekatan PPKM Darurat wilayah Kecamatan Kalibaru Kabupaten Banyuwangi Jawa Timur melakukan kegiatan Patroli Skala besar. Dalam kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Kapolsek Kalibaru Polresta Banyuwangi AKP Abdul Jabbar, S.H, Danramil 0825/05 Kalibaru Kodim 0825 Banyuwangi Kapten Kav Mathori diwakili Serka Dahlan, Camat Kalibaru Ahmad Nuril Fallah memimpin kegiatan Patroli dalam rangka menegakkan PPKM Darurat di depan Pos PPKM Darurat dan di sepanjang jalan raya Jember-Banyuwangi, pada Juma’at Kamis (23/7/2021) sekira pukul 20.35 WIB Sabtu malam.

Patroli yang dilaksanakan mengusung semangat humanis. Pada para pelintas roda dua maupun roda empat dihimbau untuk selalu mematuhi Protokol kesehatan ( Prokes Covid-19)  dan kepada para pedagang yang masih membuka usahanya di atas jam operasional yakni jam 20.00 WIB diimbau secara persuasif untuk tutup. Tidak hanya itu, para pedagang juga kemudian diberi bantuan sosial berupa beras sebanyak 5 kilogram.

“Petugas Pos PPKM Darurat melaksanakan kegiatan patroli. Pada malam ini kami kegiatan patroli humanis yakni tidak hanya meminta untuk tutup tapi kami juga memberikan bantuan sembako dan juga kami memberikan bantuan kepada pengendara roda empat yang mana terdampak Covid-19,” kata Kapolsek Kalibaru AKP Abdul Jabbar, S.H.

Baca Juga:  Melalui Paripurna, APBD Perubahan Kabupaten Banyuwangi Disahkan

Dikatakan Abdul Jabbar, bantuan diberikan karena rata-rata pedagang yang masih buka adalah pedagang kaki lima yang baru buka pada sore hari. Sehingga pada batas jam operasional, belum tutup karena dagangan belum sepenuhnya terjual. Hal itu juga yang nampak di salah satu kios pedagang kaki lima.  Abdul Jabbar  pun kemudian membeli  dagangan pedagang yang belum laku terjual salah satunya membeli kopi dan teh serta gorengan dan juga kami memberikan sembako kepada para pelintas atau pengendara.

“Sudah lebih batas waktu, belum tutup karena masih ada yang belum terjual. Kami beli dagangannya sekaligus kami juga perlu asupan makanan agar tidak masuk angin,” ujar Abdul Jabbar, S.H.

AKP Abdul Jabbar, S.H berharap, kegiatan patroli humanis dapat membuat masyarakat terutama pedagang sadar untuk mendukung kebijakan PPKM Darurat. Dengan demikian, para pedagang dengan sukarela sudah menutup kegiatan usahanya pada jam 8 malam sehingga diharapkan akan berpengaruh pada menurunkan angka positif Covid-19.

‘Harapannya ada kolaborasi dengan masyarakat yakni mendukung kebijakan pemerintah secara penuh. Kami akan terus lakukan dengan humanis, mudah-mudahan mendapatkan simpati masyarakat,” terang Jabbar.

Baca Juga:  Polri | Kapoldasu Membuka Sosialisasi Perpol No.4.Tahun 2020

Abdul Jabbar juga menambahkan, bantuan sosial sembako diberikan agar dapat membantu meringankan beban. Sebab, pada masa pandemi Covid-19, sama-sama mengalami kendala atau kesulitan usaha. Namun, kebijakan PPKM Darurat juga bertujuan menjaga masyarakat dari potensi terpapar Covid-19.

“Sehingga kami berharap ada dukungan dari masyarakat untuk tertib dan disiplin protokol kesehatan 5M plus mengikuti vaksinasi yang kegiatannya akan terus kami laksanakan,” tandasnya.

Pantauan Reporter Trans Publik,vo.id di lokasi kegiatan, sosialisasi juga disampaikan kepada masyarakat untuk mengurangi mobilitas mengingat penyebaran virus corona, khususnya di wilayah Kecamatan Kalibaru,  Kabupaten Banyuwangi sudah memasuki tahap mengkhawatirkan.

Dalam kesempatan itu ditempat yang sama, Kanit Binmas Polsek Kalibaru Aipda Hermansyah, S.H  juga memberikan pesan kepada masyarakat agar mengikuti program vaksinasi Covid-19 serta tetap patuh menjalankan protokol kesehatan, yaitu Memakai masker, Menjaga Jarak, Mencuci tangan, Menghindari kerumunan dan Mengurangi Mobilisasi (5M).

“Masyarakat juga kami ingatkan untuk ikut program imunisasi vaksin Covid-19 agar kesehatan tubuh tetap terjaga serta mematuhi protokol kesehatan 5M demi memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Dengan ,” kata Kanit Binmas Polsek Kalibaru Aipda Hermansyah, S.H.

Kapolsek Kalibaru menambahkan, saya juga mengingatkan kepada seluruh personel yang bertugas dalam penerapan PPKM Darurat tersebut untuk tetap memperhatikan kesehatan. Dikatakan Kapolsek seluruh personil yang bertugas di Pos penyekatan PPKM Darurat diantaranya: TNI/Polri, Kesehatan, Dishub, Satpol PP dan relawan BPBD serta para stekholder dan instansi samping lainnya diandalkan dalam penanganan Covid-19 sangat memilik resiko tertular Covid-19.

Baca Juga:  Gerak Cepat Kapolsek Raya Pimpin Penangkapan Terduga Tiga Pelaku Curas yang Meresahkan Warga

“Oleh sebab itu mohon agar para petugas yang dilapangkan diperhatikan kesehatanya dan di suplai dengan vitamin dan logistik. Dan tetap semangat, karena untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 ini kita harus bersama-sama,” pungkasnya.

Sementara itu salah satu pedagang kaki lima penerima Bansos beras, Nurjannah Hj warga dusun Krajan Rt 02/ Rw 07, desa Kalibaruwetan mengucapkan banyak-banyak terimakasih kepada petugas Pos Penyekatan PPKM Darurat Kalibaru. Yang mana dia telah menerima bantuan social beras.

” Saya berterimakasih sekali pak kepada bapak-bapak petugas yang telah memberikan bantuan beras kepada kami selaku orang kecil yang hidup dari jualan gorengan dan kopi. Ya akibat dari corona ini kami selaku pedagang kaki lima sangat terdampak sekali pak, syukur Alhamdulillah bapak-bapak petugas memberikan bantuan beras barusan,” katanya dengan muka senang.

(TP/M. Sholeh)

Komentar

Berita Terkini