oleh

Dipimpin Kades, Bhabinsa dan Bhabinkamtibmas Serta Satgas PPKM, Gelar Operasi Yustisi PPKM Berbasis Mikro

BANYUWANGI | TRANSPUBLIK.co.id – Untuk memutus mata Rantai dalam penyebaran Covid-19 di Wilayah teritorial Koramil 0825/05 Kalibaru Babinsa Desa Kalibaru manis Serka Z Lubis dan Bhabinkamtibmas Briptu Zeri bersama Satgas PPKM Berskala Mikro melakukan Pencegahan  penyebaran Virus Covid-19 khususnya di wilayah Desa Kalibarumanis. Tim Satgas Terpadu PPKM Mikro Desa Kapibarumanis terus melakukan Himbauan Prokes dengan melaksanakan giat Sambang maupun Pendisiplinan Protokol Kesehatan di tempat keramaian seperti toko, warung, rumah makan, tempat- tempat ibadah.

Seperti halnya Pada hari Jum’at  tanggal 2 Juli 2021 sekira pukul 03.00 Wib sampai dengan pukul 15.00 Wib bertempat di Pos PPKM skala Mikro, tepatnya di pertigaan dusun Krajan, Desa Kalibarumanis.

Dipimpin Kades, Bhabinsa dan Bhabinkamtibmas Serta Satgas PPKM, Gelar Operasi Yustisi PPKM Berbasis Mikro
Dipimpin Kades, Bhabinsa dan Bhabinkamtibmas Serta Satgas PPKM, Gelar Operasi Yustisi PPKM Berbasis Mikro.

Dalam pelaksanaan giat tersebut Babinsa Desa Kalibarumanis bersama Bhabinkamtibmas melaksanakan giat pendisiplinan protokol kesehatan dengan 5M ( Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak, Membatasi Mobilitas, Menjauhi Keramaian ) sebagai upaya mencegah dan memutus rantai penyebaran Virus Covid 19 khususnya di wilayah Desa Kalibarumanis.

Selama pelaksanaan kegiatan Pendisiplinan Protokol Kesehatan di pos PPKM skala Mikro tersebut berjalan dengan lancar serta nihil di temukan adanya pelanggaran Prokes.

Pantauan Reporter media Trans Publik,co.id kegiatan seperti ini terus- menerus dilakukan oleh Satgas PPKM berskala Mikro Guna untuk menekan penyebaran Covid -19, terutama  di wilayah Kecamatan Kalibaru, khususnya di desa Kalibarumanis yang merupakan desa Pertama dan Terakhir masuk dan keluar Wilayah Kecamatan Kalibaru demi memaksimalkan pemutusan penyebaran Covid-19.

Baca Juga:  DitBinmas Poldasu Kunker Silaturahmi Bersama Tokoh Agama Al-Wasliyah Sumut,Ajak Sosialisasikan Prokes Covid-19

Sementara itu, Babinsa desa Kalibarumanis Serka Z Lubis didampingi oleh Bhabinkamtibmas desa Kalibarumanis saat diwawancarai oleh Reporter media ini mengatakan, bahwa PPKM berskala Mikro, ini sebagai  Upaya dalam pencegahan perkembangan Covid-19. Dan besok mulai pertanggal 3 Juli 2021 sampai tanggal 20 Juli 2021 namanya akan berubah menjadi ( PPKM Darurat) karena akhir – akhir ini menurut data yang ada wilayah Kabupaten Banyuwangi warga yang terpapar atau yang positif Covid terus bertambah, apalagi sekarang ada Virus Varian baru, yakni Virus Covid-19 Varian Delta dari Negara India.

“Kegiatan himbauan melaksanakan 3M   PPKM bersekala mikro yang dilakukan terus menerus diwilayah desa Kalibarumanis, Kecamatan Kalibaru, Kabupaten Banyuwangi guna menekan penyebaran virus covid 19.

Di tempat terpisah Danramil 0825/05 Kalibaru Kapten Kav Mathori menyampaikan  posko PPKM skala mikro Harus bekerja keras dalam Berjuang memutuskan Mata Rantai Covid-19. Apalagi warga masyarakat harus tahu, bahwa saat ini sudah ada Virus varian baru, yaitu Virus Covid-19 Varian Delta. Maka dari itu saya mengajak dan menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk selalu mematuhi Protokol kesehatan ( Prokes Covid-19), sayangi keluarga,” kata Danramil.

Baca Juga:  Usai Resmikan 2 Unit Rumah Warga, Kapolres Sergai Bagikan Sembako Kepada Masyarakat

Dan perlu diketahui, pada giat tersebut satgas penanganan Covid-19 Desa Kalibarumanis juga melaksanakan Operasi Yustisi dan pendisiplinan pemakaian masker di wilayah Desa Kalibarumansis. Kegiatan operasi Yustisi PPKM berbasis mikro dan pembagian masker serta penegakan hukum tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Desa Kalibarumanis, H. Andrian Bayu Donata, S.H. Hukuman atau sanksi yang di berikan berupa, teguran secara humanis, bernyanyi dan memberikan masker bagi masyarakat yang melintasi jalan depan Pos PPKM.

Di sela-sela kegiatan, Babinkamtibmas Desa Kalibarumanis, Briptu Zeri  berharap masyarakat benar-benar bisa memahami dan mematuhi protokol kesehatan khususnya penggunaan masker saat keluar rumah sehingga bisa menekan penyebaran dan pengendalian Covid 19. “adanya operasi yustisi dan pembagian masker tersebut agar dapat merubah pola pikir warga bahwa masker bukan sekedar formalitas, akan tetapi sebagai pelindung diri dan juga orang lain dari paparan covid-19,” jelas Briptu Zeri

Baca Juga:  Ubah Pola Hidup Sehat, Satlantas Polres Tanjung Balai, Himbau Taati Peraturan dan Ikut Protokoler Kesehatan

Saat ditemui diruangannya, Kepala Desa Kalibarumanis, H. Andrian Bayu Donata, S.H menerangkan bahwa kegiatan operasi Yustisi dan pembagian masker merupakan wujud keseriusan pemerintah dalam pencegahan penyebaran dan pengendalian Covid 19, pelaksanaan operasi yustisi ini akan dilaksanakan dengan lokasi yang berbeda dan operasi yustisi tersebut guna memberikan edukasi dan kesadaran masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan dalam hal penggunaan masker sehingga bisa mencegah penyebaran dan pengendalian Covid 19. Ia pun berharap Desa Kalibarumanis semoga segera bebas dari wabah Covid 19.

Kepala Desa Kalibarumanis H. Andrian Bayu Donata,S.H mengucapkan terima kasih atas bantuan dari pihak Babinsa, Babinkamtibmas dan semua unsur yang terlibat sehingga kegiatan ini berjalan lancar dan aman Dengan Harapan Pandemi Covid-19 segera hilang. Selain itu, H Andrian Bayu Donata, S.H juga mengajak untuk saling menguatkan hati, saling menghormati dan saling mendoakan dengan harapan pandemi ini segera berakhir.

“Mari kita sama-sama saling mengingatkan dan saling mendoakan, agar pandemi segera berakhir. Tetap Sayangi diri, sayangi keluarga dan sayangi lingkungan di mana kita hidup,” pungkasnya.

(TP/M. Sholeh)

Komentar

Berita Terkini