oleh

Dandim 0204/DS: Pengabdian TNI kepada Rakyat Tidak Berhenti Meski ​TMMD Telah Selesai

TEBING TINGGI | TRANSPUBLIK.co.id – Pengabdian TNI untuk mensejahterakan rakyat di pedesaan dengan melakukan percepatan pemerataan pembangunan sarana prasarana infrastruktur, akan terus berlanjut melalui kegiatan Operasi Militer Selain Perang (OMSP) lainnya di luar dari program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-111 TA 2020 yang hari ini, Rabu (14/7/2021) resmi ditutup.

Hal ini disampaikan Komandan Kodim 0204/Deliserdang, Letkol Kav Jackie Yudhantara, SSos, MHan, di sela acara penutupan di Aula Cendana Kompleks Kantor Bupati Deliserdang di Lubukpakam siang tadi.

Dijelaskan Letkol Jackie, seluruh hasil pekerjaan TMMD ke-111 TA 2021 Kodim 0204/Deliserdang ini telah diserahkan kepada Pemerintah Kabupaten Deliserdang.

Namun begitu, lanjut Letkol Jackie, bukan berarti pembangunan di wilayah teritorial Kodim 0204/Deliserdang yang melibatkan TNI juga ikut terhenti seiring berakhirnya program TMMD.

Baca Juga:  Kapolres Madina AKBP Irsan Sinuhaji, S.I.K, M.H dan Istri Besuk Pemudik Asal Jabar Alami Musibah Kecelakaan

Tidak! TNI akan terus membantu pemerintah daerah melakukan percepatan pemerataan pembangunan, yang tentunya akan dikerjasamakan dengan berbagai stakeholder lainnya guna memberikan kesejahteraan kepada rakyat.

“Jadi, meskipun seluruh hasil kegiatan TMMD ke-111 TA 2021 Kodim 0204/Deliserdang ini telah diserahkan kepada Bupati Deliserdang, namun geliat roda pembangunan akan diteruskan dalam bentuk kerja sama lainnya,” jelasnya.

Diuraikan Letkol Jackie, upaya TNI untuk membantu pemerintah mempercepat pemerataan pembangunan di pelosok daerah, tidak semata hanya tertumpu pada program seperti TMMD.

Masih ada program lainnya, seperti Serbuan Teritorial, Bakti Sosial TNI, Karya Bakti TNI, Komsos Kreatif dan lainnya, yang semua orientasinya untuk percepatan pembangunan infrastruktur pedesaan, seperti jalan, jembatan, pengairan, rehab rumah dan sebagainya.

Baca Juga:  Kapolda Sumut Ikuti Upacara Secara Virtual Rangkaian Serah Terima Jabatan Kapolri

Konsep TMMD yang menggalang kerja sama antara personel Satgas dengan pemerintah daerah dan warga masyarakat di lokasi sasaran, masih tetap
dipakai guna mewujudkan pemerataan pembangunan yang meski berskala mikro, namun hasilnya sangat riil karena menyentuh langsung geliat pembangunan yang diharapkan masyarakat pedesaan.

Oleh karena itu, Letkol Jackie menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh Satgas TMMD ke-111 TA 2021 Kodim 0204/Deliserdang beserta OPD terkait di Pemkab Deliserdang serta warga Dusun VII dan Dusun VIII Pagar Gunung Desa Mabar Kecamatan Bangun Purba Kabupaten Deliserdang yang telah ikut membantu pelaksanaan pekerjaan di lapangan.

Program TMMD yang diproyeksikan sebagai roda untuk pembangunan dan pengembangan proyek infrastruktur, akan diadopsi guna membuat kesejahteraan lebih merata, dan tentunya ini juga akan lebih menguatkan Negara.

Baca Juga:  Kapolres Madina AKBP Horas Tua Silalahi, S.I.K, M.Si Menghadiri HUT Kab. Mandailing Natal yang Ke-21 Tahun

Program TMMD adalah bentuk keserasian antara TNI dengan rakyat. Sebagai Prajurit, TNI memiliki dua peranan utama. Yakni sebagai warga negara dan sebagai Prajurit.

Dua fungsi ini memiliki tugas dan tanggung jawab yang sama, yaitu membela dan menjaga keutuhan Negara, serta membantu pemerintah mewujudkan kesejahteraan rakyat.

“Oleh karenanya, meski program TMMD ke-111 TA 2021 Kodim 0204/Deliserdang ini telah selesai 100 persen, namun TNI tidak akan pernah berhenti untuk terus mensejahterakan rakyat. Karena TNI lahir dari rakyat, dibesarkan oleh rakyat, mengabdi kepada rakyat, dan suatu saat akan kembali ke rakyat,” pungkas Pamen TNI AD abituren Akmil 2002 itu.

(TP/AH)

Komentar

Berita Terkini