oleh

TMMD ke-111 Kodim 0204/DS Buka Jalan Pertanian dan Peluang PAD Wisata

TEBING TINGGI | TRANSPUBLIK.co.id – Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-111 TA 2021 Kodim 0204/DS telah pun dibuka secara resmi pada Selasa, 15 Juni 2021 lalu.

Sejak itu sampai kini, berbagai sarana dan prasarana infrastruktur terus dikebut pengerjaannya oleh Prajurit TNI yang tergabung dalam Satgas TMMD Kodim 0204/DS.

Salah satu sasaran fisik itu adalah pembukaan badan jalan dengan pengerasan menggunakan sirtu sepanjang 3.839 meter, dan dengan pengerasan menggunakan cor beton sepanjang 2.545 meter.

“Satgas TMMD membuka jalan di Dusun VII dan VIII Pagar Gunung, Desa Mabar, Kecamatan Bangun Purba, Kabupaten Deliserdang ini untuk memudahkan para petani mengangkut hasil kebunnya ke daerah luar,” terang Dansatgas TMMD Kodim 0204/DS, Letkol Kav Jackie Yudhantara, SSos, MHan, di sela peninjauan lokasi, Senin (21/6/2021).

Baca Juga:  DR Maruli Siahaan SH MH Selaku Dirut PT Jaguar Inti Perkasa Medan Menyerahkan Bantuan Sembako ke UPT Puskesmas PB Selayang II

Diuraikan Dansatgas, pembukaan badan jalan yang dilanjutkan dengan pengerasan ini merupakan satu dari 10 sasaran fisik dalam TMMD ke-111 Kodim 0204/DS.

Sasaran lainnya, antara lain pembuatan jembatan 4 unit, pemasangan box culvert 8 set, pemasangan pipa besi 6 titik, pengerjaan rehab masing-masing musholla 1 unit, dan masjid 1 unit, pembangunan RTLH 6 unit, serta pemasangan TPT 10 meter.

Selama ini, akses pertanian di Dusun VII dan VIII ini hanya berupa jalan tanah berkelok dan terjal di beberapa titik.

Baca Juga:  LBH IWO Resmi Berdiri Dipimpin oleh Sandy Nayoan

Kondisi jalan pertanian ini tak jarang harus mengepulkan debu tebal di saat kemarau, dan kubangan lumpur di kala musim hujan. Namun itupun tetap dilalui petani untuk bisa menjual hasil buminya ke kota dan mendapatkan uang.

Namun sejak Prajurit TNI dari Satgas TMMD ke-111 Kodim 0204/DS datang, kondisi jalan itu tak lagi rimbun dengan semak, berdebu saat kemarau, dan berlumpur di kala hujan.

Pembukaan jalan di Dusun VII dan VIII Pagar Gunung, Desa Mabar, Kecamatan Bangun Purba ini memang sangat dibutuhkan. Tidak saja untuk petani yang pergi bekerja ke kebun, tetapi juga akses menuju lokasi wisata arung jeram.

Baca Juga:  Kapoldasu | Disambut Tarian Tor-tor Kunjungi Pasar Tradisional Pulo Brayan

“Jadi, jalan yang dibuka dan dilakukan pengerasan ini agar petani lebih mudah mengangkut hasil perkebunannya, dan pemerintah setempat juga mendapat income berupa Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari wisata,” urai Letkol Jackie.

Selain kegiatan fisik, TMMD ke-111 Kodim 0204/DS ini juga melakukan kegiatan non fisik. Di antaranya sosialisasi wasbang, bela negara, pencegahan Covid-19, penyuluhan bahaya narkoba, dan mengajak masyarakat mengikuti vaksinasi Covid-19.

(TP/AH)

Komentar

Berita Terkini