oleh

Satgas TMMD Kodim 0204/DS Sosialisasi Pos Bindu PTM

TEBING TINGGI | TRANSPUBLIK.co.id -TMMD ke-111 Kodim 0204/DS sangat peduli dengan kesehatan warga. Selain sosialisasi protokol kesehatan (prokes) covid-19 yang terus dilakukan personel Satgas di lokasi sasaran, beberapa program sasaran non fisik juga menyentuh persoalan kesehatan masyarakat.

Seperti yang dilakukan kegiatan sosialisasi tentang Pos Bimbingan Terpadu Pos (Bindu) Penyakit Tidak Menular (PTM) di Pantai Bela, Desa Sibanding, Kecamatan Bangun Purba, Kabupaten Deliserdang, Selasa (22/6/2021).

Baca Juga:  Sebelum Dimasuki, Mustar Nasution Benahi Rumah Baru Hasil Rehab Satgas TMMD Kodim 0204/DS

Kasi PTM Dinkes DS, Aisah Osro sebagai pembicara menerangkan bahwa PTM merupakan penyakit yang sering tidak terdeteksi, karena tidak ada gejala maupun keluhan, seperti hipertensi, diabetes dan gangguan jiwa.

“Penyakit ini biasanya ditemukan dalam tahap lanjut sehingga sulit disembuhkan dan berakhir dengan kecacatan atau kematian dini,” ujarnya.

PTM, ujar Aisah Osro, dapat dicegah melalui pengendalian faktor risiko yaitu merokok, kurang aktifitas fisik, diet yang tidak sehat dan konsumsi alkohol.

Baca Juga:  Satgas TMMD Kodim 0204/DS Terus Percantik Musholla Al Kahfi

“Peningkatan kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap faktor risiko PTM sangat penting dalam pengendalian PTM.

Pemberdayaan dan peran serta masyarakat ini terwadahi melalui kegiatan Posbindi PTM ini,” ujarnya.
Tujuan Posbindu ini, lanjut Aisah osro, untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam pencegahan dan penemuain dini faktor risiko PTM.

Tampil sebagai penyuluh di kegiatan ini, yaitu Kasi Kesehatan Dinkes Pemkab DS, Ibu Emmy LLubis, Kasi PTM Dinkes DS, Ibu Aisah, dan Kepala Puskesmas Kecamatan Bangun Purba, dr Sriwahyuni.

Baca Juga:  Guru dan Staf SMA NU Genteng Lakukan Vaksinisasi Covid-19

Kegiatan yang berlangsung dengan penerapan Protokol Kesehatan secara ketat itu juga dihadiri Pasiter Kodim 0204/DS, Kapten Kav Sudirno, Ibu-ibu deri Persit Ranting XX, Kades Sibanding, Januar Barus, Ketua BPD Desa Sibanding, para perangkat Desa Sibanding serta kader Posyandu/masyarakat dari Desa Sibanding sebanyak 35 orang.

(TP/AH)

Komentar

Berita Terkini