oleh

Satgas TMMD Kodim 0204/DS Ajak Warga Membina Toleransi Beragama

TEBING TINGGI | TRANSPUBLIK.co.id – Hadirnya TMMD ke-111 TA 2021 Kodim 0204/Deliserdang di Kecamatan Bangun Purba, Kabupaten Deliserdang membawa banyak manfaat bagi warga setempat.

Tidak saja di bidang pembangunan sarana dan prasarana fisik, seperti pembukaan badan jalan, pembangunan jembatan, rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) serta rehab rumah ibadah, tetapi juga di bidang non fisik melalui kegiatan penyuluhan.

Seperti Senin (28/6/2021), misalnya. Satgas TMMD Kodim 0204/DS yang menjalin kerja sama dengan Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Deliserdang menggelar penyuluhan keagamaan.

Baca Juga:  Suasana Nataru, Satgas Ajendam I/BB Gelar Operasi Pendisplinan Protkes di 10 Lokasi Secara Serentak

Kegiatan yang dihelat di Aula Kantor Kecamatan Bangun Purba itu menghadirkan pemateri dari FKUB Deliserdang, bapak Waluyo.

Dalam paparannya, bapak Waluyo menekankan pentingnya memerhatikan sikap dan toleransi beragama dalam kehidupan sosial kemasyarakatan.

Menurutnya, toleransi beragama adalah sikap untuk saling menerima dan keterbukaan terhadap adanya umat dengan agama yang beragam.

Tidak peduli terhadap agama apa yang dianut, setiap orang selayaknya dapat saling menghargai satu dengan yang lain.

Baca Juga:  Batalyon 126/KC Laksanakan Latihan Geladi Posko II TA. 2020

“Tujuan dari toleransi beragama yaitu untuk membuat suasana atau situasi yang dan harmonis serta menciptakan kerja sama antarumat beragama,” jelasnya.

Bentuk kerja sama antarumat beragama, antara lain di bidang penegakkan keadilan. Agama membuat kita dapat menghilangkan diskriminasi yang terjadi dalam berbagai bentuk dan cara.

Kemudian di bidang perbaikan moral. Agama itu ada dengan tujuan supaya pesan pesan yang terkandung di dalam agama dapat dijadikan pedoman untuk bertindak, serta di bidang perbaikan taraf hidup.

Baca Juga:  KASAL Laksamana Yudo Margono Tinjau Serbuan Vaksinasi Covid-19 di Banyuwangi

“Dengan kerja sama di bidang ekonomi dapat dilakukan peningkatan kesehatan, termasuk kerja sama di bidang sosial dan pendidikan,” pungkasnya.

Kegiatan penyuluhan turut dihadiri Camat Bangun Purba, Raden Mewah Ristanto, SSTP, perwakilan dari Koramil 19/BP dan Polsek Bangun Purba, serta para tokoh di Kecamatan Bangun Purba.

(TP/AH)

Komentar

Berita Terkini