oleh

Kadus Moch Suhadi, Ajak Warganya Kerja Bakti Bersihkan Areal Wisata Embung Dam Genitu

BANYUWANGI | TRANSPUBLIK.co.id – Sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan, warga Dusun  Jalen Darungan, Desa Setail, Kecamatan Genteng, Kabupaten Banyuwangi Jawa Timur, kerja bakti membersihkan areal wisata kolam pancing Embung Dam Genitu yang terletak di area Tanah Khas Desa ( TKD) serta membersihkan saluran air air di sepanjang jalan menuju area wisata, pada  Minggu (20/06/2021) sekira pukul 08.55 WIB. Kepala Dusun Jalen Darungan, Moch Suhadi memimpin langsung kegiatan kerja bhakti tersebut bersama beberapa tokoh dan puluhan warga Dusun Jalen.

Menurut Kadus Moch Suhadi saat ditemui Reporter Trans Publik.co.id di lokasi menyampaikan, “yang ikut dalam kegiatan kerja bakti ini merupakan salah satu agenda rutin warga dusun Jalen Darungan yang setiap minggu selalu dilaksanakan. “Alhamdulillah, warga antusias berbondong-bondong melakukan gotong royong kerja bakti membersihkan saluran drenase dan area wisata Embung Dam Gunitu yang sudah menjadi tanggung jawab kita semua. Ini kita patut pertahankan tradisi gotong royong yang ada di Dusun Jalen Darungan,” ucapnya.

Kadus Moch Suhadi, Ajak Warganya Kerja Bakti Bersihkan Areal Wisata Embung Dam Genitu.

Puluhan warga yang ikut berpartisipasi membersihkan area wisata Embung Dam Gunitu tersebut, menunjukkan rasa kepedulian warga dusun Jalen Darungan khususnya warga desa Setail masih ada dan terjaga. “Warga dusun Jalen Darungan masih memiliki rasa kepedulian terhadap lingkungan dan wilayah apalagi tempat wisata. Ini ditandai dengan hadirnya puluhan bahkan mas bisa lihat sendiri mungkin warga yang hadir dalam kegiatan kerja bakti pagi ini dengan membersihkan area wisata Embung Dam Genitu dan saluran dreanase ada ratusan warga,” ujarnya.

Baca Juga:  Polres Simalugun Tegakkan Hukum Protokol Kesehatan Covid-19

Suhadi juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh warganya atas kesadaran dan kepeduliannya terhadap kebersihan lingkungan dan turut merawat keindahan wisata” Embung Dam Genitu ” yang ada di area Tanah Khas Desa (TKD) Setail. “Terimakasih saya sampaikan dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada warga dusun Jalen Darungan dan khususnya kepada ketua RT dan ketua RW se- dusun Jalen Darungan yang telah melakukan kerja bakti bergotong royong membersihkan jalan, saluran dreanase dan area wisata Embung Dam Gunitu,” ucapnya.

“Pihaknya berharap kerja bakti membersihkan lingkungan dan area wisata ini dapat dipertahankan. Menjaga kebersihan, keamanan dan ketertiban merupakan tugas bersama bagi masyarakat. Sangat positif ketika kegiatan kerja bakti gotong royong tersebut masih tertanam di dalam diri warga, khususnya dusun Jalen Darungan. “Ini menandakan bahwa warga kami sangat menjaga ukhuwah islamiyah,” jelasnya.

Baca Juga:  Apresiasi dari Komunitas Pertanian GCI untuk Kebun Satgas 131/BRS di Skouw

Masih kata Moch Suhadi, Dalam kegiatan kerja bakti tersebut, pihaknya mempunyai plening atau niatan kedepan untuk membuat aset wisata kolam pancing yang ada di areal persawahan ini. Maksud dan tujuannya untuk meningkatkan perekonomian masyarakat yang ada di wilayah dusun Jalen Darungan. Karena pantauan dan setelah kami teliti suasana di areal sungai Dam genitu udaranya sangat sejuk dan pemandanganya sangat indah.

“Tempatnya sangat strategis sekali mas? Maka dari itu kami mempunyai plening kedepan untuk membuat kolam pancing di sawah, kita akan buat berbeda dengan tempat-tempat kolam pancing yang ada diwilayah kecamatan Genteng kalau kita duduk sambil mancing disini, kita bisa sambil lalu melihat suasana pegununganbrisa melihat alam pegunungan dan juga bisa melihat hamparan areal persawahan yang jauh di sana, sangat nampak indah sekali kan Mas?. Dan dalam kesempatan ini pula saya selaku kepala dusun Jalen Darungan menyampaikan ucapan terimakasih kepada warga. Dan juga kepada Kelompok Tani Mekar Jaya serta kelopok Tani Wanita, yang sudah ikut berpartisipasi dalam kegiatan kerja bakti ini,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua RW 07 Abdul Kamal menyampaikan terima kasih kepada seluruh warga yang hadir dalam kegiatan kerja bakti gotong royong membersihkan lingkungan tersebut. “Terima kasih kepada seluruh warga yang hadir dalam kegiatan kerja bakti pada hari ini. Saya bangga memiliki warga yang peduli dan sadar akan kebersihan, keamanan dan ketertiban lingkungan, ini patut untuk kita pertahankan,” tuturnya.

Baca Juga:  PIN SU Bekerja Sama dengan Gemaku SU, KJM dan LP3SU serta Kompak Melaksanakan Baksos

Sementara itu pada kesempatan tersebut kepala dusun Jalen Darungan juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada pemerintahan Desa Setail dan kepada rekan- rekan kepala dusun khususnya kepada Kaur kesra yang selalu memberikan semangat’ dukungan dan mensupot atas terlaksananya wisata Embung Dam Genitu. “Perlu diketahui mas? bahwa didusun Jalen Darungan ini ada 7 warga yang memiliki ternak kerbau sejumlah kurang lebihnya ada 75 ekor kerbau. Dan alhamdulillah warga kami tersebut ditengah-tengah pandemi Covid-19 ekonominya masih terbantu, salah satunnya dengan berternak kerbau. Serta yang terkahir kami himbau kepada seluruh masyarakat dusun Jalen Darungan, tetap mematuhi Protokol Kesehatan (Prokes) Covid-19 kalau mau keluar rumah’ atau mau bersepeda dan selalu hidup bersih, selalu cuci tangan dengan air mengalir, karena wabah pandemi Covid-19 ini masih belum sirnah atau hengkang dari muka bumi tercinta,” pungkasnya.

(TP/Ismanto/M. Sholeh)

Komentar

Berita Terkini