oleh

Ditinjau Kasdim 0204/DS, RTLH Milik Miskun Segera Direhab

TEBING TINGGI | TRANSPUBLIK.co.id – Satu lagi rumah warga yang tidak layak huni akan segera direhab Satgas TMMD ke-111 Kodim 0204/DS. Rumah tersebut adalah milik Miskun Saragih di Dusun VIII, Desa Mabar, Kecamatan Bangun Purba, Kabupaten Deliserdang.

Senin (28/6/2021) rumah tersebut langsung ditinjau Kasdim 0204/DS Mayor Inf Toto Triyanto untuk melihat kepantasan dan berdialog dengan penghuninya.

Rumah Miskun awalnya berdinding tepas dan sebagian besar kondisinya sudah kupak-kapik. Sehingga ketika angin kencang bertiup langsung menembus dinding dan dirasakan penghuninya. Pun begitu ketika hujan deras, dinding tepas tak mampu menahan tempias.

Baca Juga:  Bersama Masyarakat Kampung Ungalom, Satgas Yonif 312 Panen Hasil Kebun Olahan Prajurit

“Paling terasa saat malam. Tidur kami pasti terganggu karena angin malam yang dinding langsung menusuk tulang. Begitu juga saat hujan deras turun, angin disertai butiran-butiran air hujan masuk ke dalam rumah,” ujar istri Miskun.

Baca Juga:  Lima Hari Berjalan, Pembangunan Jalan TMMD 112 di Phakpak Barat Capai Hasil 3860 Meter

Untuk mengatasi hal itu, Miskun pun terpaksa melapisi dinding rumahnya yang rusak dengan seng bekas. Tapi risikonya, kalau siang hari sangat panas.

Menanggapi keluhan itu, Kasdim 0204/DS pun menjanjikan setelah direhab, kondisi itu tak akan terjadi lagi. Soalnya, rumah Miskun akan dibuat permanan dengan dinding beton.

“Ibu kan sudah melihat rumah-rumah lainnya yang hampir selesai direhab. Semuanya permanen dan menjamin penghuni bisa hidup dengan nyaman. Selain itu juga rumah akan memenuhi standar kesehatan dengan kamar mandi dilengkapi WC yang standar,” ujar Kasdim.

Baca Juga:  Dansatgas TMMD Kodim 0204/DS Pastikan Ketahanan Konstruksi Jembatan yang Telah Rampung

TMMD ke-111 Kodim 0204/DS salah satu sasaran fisiknya adalah merehab enam unit RTLH. Progres sebagian besar rumah tersebut sudah hampir selesai, tinggal pengerjaan akhir.

(TP/AH)

Komentar

Berita Terkini