oleh

Desa Kebunrejo, Kecamatan Kalibaru Salurkan BLT-DD Tahap I, Bagian Keenam Bulan Juni TA. 2021

BANYUWANGI | TRANSPUBLIK.co.id – Penyaluran BLT DD, Desa Kebunarejo, Kecamatan Kalibaru, Kabupaten Banyuwangi, Bulan Juni atau Tahap pertama bagian bulan keenam Tahun 2021 telah dilaksanakan di Aula desa pada hari Kamis (17/06/2021) sekira pukul 09.00 WIB hingga selesai.

Ada 115 Keluarga Penerima Manfaat (KPM), dan jumlah tersebut sesuai dengan hasil pendataan KPM yang diperoleh dari musyawarah di tingkat desa untuk kemudian ditetapkan melalui Musyawarah Desa (Musdes).

Desa Kebunrejo, Kecamatan Kalibaru Salurkan BLT-DD Tahap I, Bagian Keenam Bulan Juni TA. 2021
Desa Kebunrejo, Kecamatan Kalibaru Salurkan BLT-DD Tahap I, Bagian Keenam Bulan Juni TA. 2021.

Adapun penentuan penerima BLT didasarkan pada keluarga yang belum pernah menerima bantuan dari pemerintah baik melalui PKH, BPNT, KKS, BST maupun program bansos lain. Kriteria tersebut ditetapkan agar memudahkan pendataan calon KPM agar tidak menerima bantuan ganda yang bersumber dari anggaran pemerintah, sehingga dapat terjadi pemerataan penyaluran bantuan.

Penyaluran BLT Bulan Juni ini dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, seperti mempersiapkan tempat duduk berjarak agar tidak terjadi kerumunan, mencuci tangan, serta mengenakan masker. Berhubungan Penerima BLT-DD berjumlah 115 KPM jadi penyaluran dilaksanakan satu sesi yaitu pukul 09.00 WIB sampai selesai, sebagaimana jadwal yang sudah disampaikan sebelumnya kepada calon penerima. Dan perlu diketahui apabila  calon penerima tidak bisa datang ke desa untuk mengambil bantuan tersebut ( karena sakit dsb), Pemerintah desa (Pemdes) Kebunrejo melalui petugasnya mengambil kebijakan  untuk jemput bola yakni dengan mendatangi rumah calon penerima bantuan, untuk memberikan bantuan tersebut.

Baca Juga:  Chek Point di Jalinsum, Polres Sergai Putar Balik Ratusan Kendaraan Pada Malam Takbiran

Masing-masing KPM menerima bantuan sejumlah Rp. 300.000,- yang bersumber dari Dana Desa (DD).

Pemerintah desa ( Pemdes) Kebunrejo berharap dengan disalurkannya Bantuan Langsung Tunai- Dana Desa ( BLT-DD ) Bulan Juni 2021 ini dapat memberikan sedikit dukungan kepada warga dalam menjalani hidup ditengah Pandemi Covid-19 dan dimaanfaatkan untuk kebutuhan pokok sehari-hari.

Baca Juga:  MWC NU Kalibaru & PAC Fatayat NU Kalibaru Peduli Bagikan Ribuan Takjil pada Pengendara

Dedie Suharto selaku Kepala desa Kebunrejo memberikan apresiasi kepada seluruh pihak yang telah bergerak dan bekerja keras sehingga Bantuan Langsung Tunai-Dana Desa (BLT-DD ) tahap pertama, bagian bulan Juni (keenam) Tahun 2021 dapat disalurkan dengan lancar. Ia berharap dengan bantuan langsung tunai yang bersumber dari Dana Desa (DD) tersebut dapat meringankan beban masyarakat dan bisa digunakan untuk kebutuhan pokok.

“Saya berharap sekali kepada seluruh Keluarga Penerima Manfaat (KPM) atau Kepala Keluarga (KK), bantuan tersebut tolong digunakan sebaik-baiknya. Belanjalah kebutuhan pokok yang akan digunakan sehari-hari (sembako), jangan dibuat belanja yang tidak ada gunanya atau manfaatnya,” pintanya.

Salah seorang penerima yakni, Watini (60) warga RT 03/ RW 06 dusun Terongan mengucapkan, “kami sangat berterima kasih kepada Kepala desa Kebunrejo, Bapak Dedie Suharto dan semua perangkat desanya, saya mewakili warga yang lain menjunjung tinggi Pemerintah Desa, sudah mengambil kebijakan dan dapat membagikan  Bantuan Langsung Tunai- Dana Desa (BLT-DD) ini kepada kami. Dan kami sangat terbantu sekali dengan adanya bantuan ini, sekali lagi kami masyarakat desa Kebunrejo berterima kasih kepada Pemerintah desa  (Pemdes) Kebunrejo,” ucapnya.

Baca Juga:  Pangdam I/BB: Prajurit Harus Profesionalisme dan Disiplin

“Mengunakan bahasa Madura, Sakalian akgik pole  kauleh mator kasoon atas bantuannah kaentoh, degok saeeng kaluleh e gunak aginah gebei kepentingan odik otabeh gebei sangoh odik benarenah. Kalau bahasa Indonesia, Sekali Lagi saya ucapkan terima kasih atas bantuan ini dan akan saya pergunakan untuk menutupi kebutuhan hidup sehari – hari,” sambungnya.

Pantauan Reporter TransPublik.co.id di lokasi kegiatan penyaluran BLT DD tersebut, dilaksanakan dengan menerapkan Protokol Kesehatan untuk mencegah penyebaran virus Corona atau Covid-19.

(TP/M. Sholeh)

Komentar

Berita Terkini