oleh

Deru Bulldozer Ratakan Tanah Pecah Keheningan di Lokasi TMMD Ke-111 Kodim 0204/DS

TEBING TINGGI | TRANSPUBLIK.co.id – Dalam sebulan terakhir, suasana hening di kawasan perkebunan sawit di Dusun VIII Pagar Gunung, Desa Mabar, Kecamatan Bangun Purba, Kabupaten Deliserdang, terganti dengan deru mesin Bulldozer yang bekerja merapikan tanah.

Alat berat itu sengaja diturunkan untuk membantu percepatan pekerjaan pengerasan badan jalan dengan sirtu yang merupakan program sasaran fisik TMMD ke-111 TA 2021 Kodim 0204/DS.

Baca Juga:  Ditsamapta Polda Banten Patroli Dialogis Himbau Masyarakat Untuk Terapkan Protokol Kesehatan

Operator Bulldozer mengaku, pekerjaan merapikan tanah ini agar nantinya permukaan badan jalan yang telah ditaburi sirtu bisa diperkeras dengan Combined Tandem Roller.

“Jadi ini pekerjaan berangkai. Karena alat berat yang saya gunakan ini hanya berfungsi untuk meratakan tanah yang ditimbun di permukaan badan jalan,” tambah operator itu lagi.

Baca Juga:  Pelayanan SIM, STNK, dan BPKB Ditlantas Polda Sumut Kembali Dibuka

Sementara, koordinator umum TMMD ke-111 TA 2021 Kodim 0204/DS, Kapten Kav Sudirno menerangkan, pekerjaan menimbun dan memperkeras badan jalan sepanjang 3.839 meter yang telah dibuka, sangat bergantung kepada cuaca di lapangan.

Artinya, bila kondisi tidak turun hujan, maka proses pekerjaan bisa dilakukan secara simultan. Yakni mulai dari material tanah yang diangkut dengan dump truck menuju titik pekerjaan, kemudian diratakan dengan Bulldozer dan terakhir diperkeras dengan Combined Tandem Roller.

Baca Juga:  Polda Banten Kembali Gagalkan Dugaan Penyelundupan 150 Kg Ganja di Tol Tangerang - Merak

“Itu rangkaian pekerjaan pengerasan badan jalan dengan sirtu. Jadi, bila cuaca cerah, maka pekerjaannya akan dikebut, karena hari kemarin tak sempat dikerjakan akibat lokasinya licin dan berlumpur usai diguyur hujan,” ungkapnya.

(TP/AH)

Komentar

Berita Terkini