oleh

Apresiasi Tradisi Ithuk-Ithukan Selamatan Dusun Kampung Sidat Jopuro, Danlanal Banyuwangi Beri Ucapan Selamat

BANYUWANGI | TRANSPUBLIK.co.id -Kampung Sidat (Tradisi Adat) Jopuro yang terletak di Dusun Rejopuro, Desa Kampunganyar, Kecamatan Glagah, Kabupaten Banyuwangi yang merupakan desa binaan Lanal Banyuwangi menggelar selamatan dusun, Selasa (22/6/2021).

Selamatan dusun yang diperingati setiap tanggal 12 Dzulqo’dah atau bulan ke 11 penanggalam Islam itu, disebut tradisi ithuk-ithukan yang bertujuan merawat sumber mata air desa, ithuk diambil dari kata dalam bahasa Osing yaitu kepethuk yang berarti bertemu. Sedangkan ithuk-ithukan sendiri adalah wadah atau tempat yang terbuat dari daun pisang berisi makanan dan sering digunakan ketika selamatan kampung.

Baca Juga:  AMPG dan Golkar Medan Barat Membagikan Masker di Lapangan Merdeka

Saat hadir memberi sambutan, Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Banyuwangi Letkol Laut (P) Eros Wasis, M.Tr. (Han)., CTMP, mengatakan semoga kegiatan tersebut menjadikan Kampung Sidat Dusun Rejopuro semakin baik lagi kedepannya dan mendapat rahmat dari Allah SWT.

“Semoga desa binaan ini semakin erat hubungannya dengan Lanal Banyuwangi,” ucapnya.

Menurut Sarino sesepuh Dusun Rejopuro, Tradisi ithuk-ithukan sudah secara turun-temurun digelar oleh masyarakat.

Baca Juga:  Peringati HUT ke-22 Tahun, Bupati Ajak Seluruh Elemen Bersama Bangun Rohil

“Tradisi ini sebagai bentuk rasa syukur atas rahmat dari Yang Maha Agung atas sumber daya alam yang melimpah, ini juga digelar bertujuan supaya masyarakat bisa saling kepethuk atau bertemu untuk menjalin silaturrahmi,” terangnya.

Sementara itu, Ketua Pokdarwis Rejopuro Joko Suwarno mengatakan tradisi ithuk-ithukan diawali oleh Buyut Wukuh pendiri Dusun Rejopuro dan dilanjutkan hingga sekarang oleh masyarakat.

“Saat sekarang masih dalam masa pandemi Covid-19, sehingga tradisi ithuk-ithukan digelar tidak semeriah tahun sebelumnya dengan tamu undangan yang terbatas,” ungkapnya.

Baca Juga:  KMKP Berbagi Tiket Seminar M.E.C Public Speaking 2020 Kepada Teman Teman Panti Asuhan

Joko menambahkan, “Karena Dusun Rejopuro binaan Lanal Banyuwangi, kedepan kami tetap mohon arahan Danlanal Banyuwangi, mungkin terkait pemasaran dan pemanfaatannya bagi masyarakat,” tambahnya.

Disela-sela kegiatan, Danlanal beserta Ibu menyempatkan diri meninjau pembangunan masjid dusun.

“Dalam pembangunan masjid ini, sekiranya apa yang dibutuhkan silahkan koordinasi dengan kami,” kata Danlanal Banyuwangi.

(TP/M. Sholeh/IF)

Komentar

Berita Terkini