Pangdam I/BB Hadiri Vidcon Bersama Kapolda Sumut, Menko Polhukam dan Mendagri di Sekretariat GTPP Covid-19 Sumut

MEDAN | TRANSPUBLIK.co.idDalam rangka memutuskan mata rantai penyebaran wabah virus corona (Covid-19) dan ingin memastikan program pendisplinan terutama dalam kegiatan pemilihan kepala daerah (Pilkada) yang ada wilayah Teritorial Kodam I/BB.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian melalui Video Conference (Vidcon ) telah menggelar rapat koordinasi dengan Gubernur Sumut, Panglima Kodam atau Pangdam I/ BB Mayjen TNI Irwansyah MA, MSc dan Kapoldasu, di Sekretariat Gugus Tugas Percepatan Penangganan Covid-19, Jl. Sudirman 41 Medan, Jumat (18/9/2020).

Rakor Forkopimda Sumut dilaksanakan dengan kedua menteri ini membahas penerapan pendisplinan para peserta pilkada di wilayah Sumut, Sumbar, Riau dan Kepri.

Baca Juga:  Team Opsnal Reskrim Polres Rokan Hilir Berhasil Menangkap dan Mengamankan 1 Orang Pelaku yang Diduga Lakukan Tindak Pidana Perjudian

Dikatakan Mahfud MD bahwa pilkada ini sebagai peluang untuk menekan penyebaran COVID-19. “Untuk Sumatera Utara, ada 22 dari 33 kabupaten/kota yang melaksanakan pilkada. Memang kegiatan Pilkada ini akan menjadi media penyebaran COVID-19. Akan tetapi sebaliknya Pilkada bisa dijadikan peluang untuk menekan penyebaran COVID-19,” katanya.

Mahfud MD mengharapkan aparat TNI dan Polri untuk terus melakukan pendisplinan dan menaati Protokol Kesehatan terhadap para peserta Pilkada yang ada di keempat Provinsi yang ada di wilayah Teritorialnya.

Baca Juga:  PLN Grup Bersama IBC Mulai Pengembangan Battery Energy Storage System

Sementara itu, Tito juga meminta agar Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dapat mengelola pilkada serentak ini dengan baik dan menjadikan Sumut lebih hijau dan aman dari COVID-19.

“Semoga Sumut lebih aman dan hijau dari COVID-19 dan agenda politik untuk menemukan kepala daerah yang efekif bisa menangani COVID-19, memiliki legitimasi yang kuat karena memang dipilih oleh rakyatnya,” ujarnya.

Baca Juga:  Gencar Berantas Peredaran Narkoba, Polresta DS Tangkap Janda Muda

Sebelum mengakhiri vidcon Menkopolhukam memberikan beberapa penekanan dalam pelaksanaan pendisiplinan Protokol kesehatan selama pelaksanaan Pilkada serentak agar dapat menjaga sinergitas antar aparat, perlu adanya ketegasan dan konsistensi penindakan dalam penegakan hukum, publikasi dan dokumentasi kegiatan penindakan terhadap pelaku pelanggaran, pungkas Mahfud.

Dalam acara tersebut, turut mendampingi Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, Pangdam I/BB, Kapolda Sumut, Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah, unsur Forkopimda Sumut serta PJU Kodam I/BB dan Poldasu. (Sumber: Pendam I/BB)

(TP/Ad)

Komentar