Monitoring dan Evaluasi BLT Dana Desa dan Bantuan Sosial Lainnya di Kecamatan Pantai Cermin dan Kecamatan Teluk Mengkudu

SERGAI | TRANSPUBLIK.co.id – Telah dilaksanakan Acara Monitoring dan Evaluasi BLT Dana Desa dan Bantuan Sosial Lainnya di Kecamatan Pantai Cermin dan Kecamatan Teluk Mengkudu, Selasa (9/6/2020) sekira Pukul 09.00 WIB yang ber Tempat di Kantor Camat Pantai Cermin.

Turut Hadir pada acara tersebut yakni Bupati Sergai Ir H Soekirman, Dandim 0204/DS Letkol Inf Syamsul Arifin, perwakilan Forkopimda, Kepala OPD, Camat Pantai Cermin M. Aminuddin, S.Sos, Camat Teluk Mengkudu Romian Parulian Siagian, S.STP, M.Si, Kapus Pantai Cermin dr. Lidya Vera, Kapus Teluk Mengkudu dr. Naomi Manalu, dan Kepala Desa, serta Perangkat Desa.

 

 

“Untuk kecamatan Pantai Cermin, jumlah penerima BLT Dana Desa sebanyak 1.460 KK dengan jumlah dana sebesar Rp. 2.628.000.000,-. Untuk mendukung penyaluran bantuan tersebut, juga telah dibentuk Tim Monitoring Penyaluran Dana BLT Dana Desa. Penerima BST Kemensos sebanyak 2.051 KK, penerima bantuan Sembako dari Pemprovsu sebanyak 5.516 KK untuk 12 Desa di Kecamatan Pantai Cermin. Kemudian, dalam rangka mendukung Protokol Kesehatan Covid-19, Camat Pantai Cermin beserta Muspika dan PKK telah melakukan kegiatan pemberian masker gratis kepada masyarakat serta penyemprotan disinfektan,” ucap Camat Pantai Cermin M. Aminuddin, S.Sos dalam kata Sambutan nya.

Menurut data, di Kecamatan Teluk Mengkudu terdapat 1.401 KK penerima bantuan PKH, 2.257 KK penerima BPNT, penerima bantuan BST Kementerian Sosial sejumlah 1.789 KK dengan perincian terealisasi 1.482 KPM, dan 305 KPM tidak terealisasi. Sementara untuk Bantuan Sembako dari Pemprovsu terdapat 3.935 KK penerima bantuan, penerima BLT Dana Desa 1.518 KK.

Baca Juga:  Danrem 071/Wijayakusuma Mendampingi Kapok Sahli Pangdam IV/Diponegoro Wasev TMMD 112 Kodim 0736/Batang

“Dengan terdamparnya masyarakat akibat Pandemi Covid-19 ini, Kecamatan Teluk Mengkudu telah mengajukan tambahan penerima bantuan sebanyak 2.870 KK,” ucap Camat Teluk Mengkudu.

Lanjut, Realisasi bantuan dengan usulan Bantuan Kabupaten Sergai dengan perincian realisasi seluruh bantuan yang telah diterima 10.695 KPM, usulan bantuan Kabupaten Sergai 2.870 KPM dengan total jumlah 13.465 dari total jumlah KK di Kecamatan Teluk Mengkudu sebanyak 14.563 KK,” ucap Camat Teluk Mengkudu, Romian Parulian Siagian, S.STP, M.Si.

“Meskipun dari waktu ke waktu kondisi Sergai semakin mengkhawatirkan, namun untuk Kecamatan Pantai Cermin dan Teluk Mengkudu masih dalam zona hijau Covid-19 dan diharapkan terus dipertahankan. Memasuki Tatanan Normal Baru (New Normal) ini perlu ditekankan bahwa daerah kita ini belum termasuk daerah yang diperbolehkan menerapkan new normal tersebut. Kita harus terus waspada, sambil beraktivitas tetap terus mematuhi Protokol Kesehatan agar daerah kita ini tidak seperti Surabaya yang telah berada dalam zona hitam akibat ketidakpedulian masyarakat akan tanggung jawab memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Desa-desa memang harus terus menerapkan pola hidup bersih dan sehat dalam kehidupan sehari-hari,” kata Bupati Sergai Ir H Soekirman.

Lanjut, pada pertemuan hari ini, saya ingin menyampaikan karena tidak ada open house idul Fitri tahun ini, disinilah saya menyampaikan maaf lahir bathin atas nama Pemkab Sergai kepada seluruh masyarakat.
Selanjutnya apa yang perlu disepakati persepsi kita karena persoalan evaluasi ini adalah tentang data. Seperti kita ketahui saat ini terdapat Data DTKS, Data Non DTKS, Data PKH (sering menjadi polemik karena kurang update), Data Penerima Bantuan Pemprovsu, Data BLT Dana Desa, serta yang terbaru adalah Data Masyarakat Terdampak Covid-19 (masyarakat yang kehilangan penghasilan dan atau pekerjaan). Artinya, semua muara data tersebut adalah berasal dari Desa,” ucap Bupati Sergai.

Baca Juga:  Barika Cafe Didatangi Satgas karena Buka Lewati Waktu, Kedapatan 1 Orang Positif Covid-19

“Hari ini kita berkumpul guna membicarakan teknis dan solusi meluruskan data agar bagaimana seluruh masyarakat kita dapat terbantu dengan adanya pandemi Covid-19 yang belum tahu kapan berakhirnya. Selain kita memang harus berswadaya mandiri mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari dengan pertanian dipekarangan atau memelihara ikan serta lainnya. Kembali diingatkan memasuki gelaran Pilkada, diharapkan kita semua menjaga kondusifitas daerah, ASN netral, Kepala Desa dan perangkat nya menjadi pendingin suasana agar masyarakat tidak terpengaruh provokasi pihak yang tidak bertanggungjawab. Sebab di Tanah Bertuah Negeri Beradat ini Tidak ada pembusukan, yang ada hanya Persaudaraan,” sambung Bupati Sergai.

“Pada kesempatan ini saya menyampaikan kabar gembira bahwa Kabupaten Sergai ini mendapat pujian sebagai role model penyaluran bantuan dari Pemprovsu yang dianggap terbaik dan sampai tepat sasaran. Terimakasih kepada TNI/Polri yang telah membantu pendistribusian bantuan serta kepada para Kepala Desa yang telah padu dan kompak dalam penyalurannya kepada masyarakat,” tutup Bupati Sergai.

“Aparatur TNI senantiasa bekerja siang dan malam menjaga kondusifitas daerah serta mengingatkan masyarakat untuk menjaga jarak dan mematuhi Protokol Kesehatan dalam masa Pandemi Covid-19 ini. Wacana New Normal itu hanya baru diterapkan di 4 daerah, dan Sergai tidak termasuk didalamnya karena dianggap belum siap.
Masyarakat hendaknya jangan anggap enteng pandemi ini, tetap pakai masker, jaga jarak dan terapkan pola hidup bersih dan sehat karena kita tidak tahu pasti kapan pandemi ini akan berakhir,” kata Dandim 0204/DS Letkol Inf Syamsul Arifin.

Baca Juga:  Syukuran Selamat dan Sukses Terpilihnya Junaidi Sebagai Ketua MPC PP Deli Serdang di Deli Serdang

“Pihak Kepolisian bersinergi dengan TNI telah menyalurkan semua bantuan untuk masyarakat sebagai bentuk dukungan kepada Pemkab Sergai berbuat yang terbaik untuk masyarakat. Kemudian secara total menghimbau masyarakat untuk mematuhi Protokol Kesehatan Covid-19 yang disambut baik oleh seluruh pengelola objek wisata dengan menerapkan Protokol Kesehatan Covid-19 untuk masuk dan berkunjung ke objek wisata yang ada di kawasan Pantai Cermin dan Teluk Mengkudu ini. Memasuki masa Pilkada, Polri dan TNI akan terus menjaga netralitas dan kekondusifan daerah dan menjaga kekompakan masyarakat di Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat ini,” kata AKP T. Napitupulu selaku Kapolsek Pantai Cermin mewakili Kapolres Sergai dalam kata sambutan nya.

Pada pertemuan tersebut, Camat Pantai Cermin dan Camat Teluk Mengkudu menyampaikan presentasi tentang pelaksanaan penyaluran BLT Dana Desa dan bantuan sosial lainnya di wilayah Kecamatan, dilanjutkan sosialisasi pencegahan Covid-19 oleh Kepala Puskesmas serta dilanjutkan dengan sesi tanya jawab.

(TP/Syamsir)

Komentar