Diduga Seorang Pelajar SMP Alami Epidemiologi Positif Covid-19 di Sergai

SERGAI | TRANSPUBLIK.co.idSL (15), perempuan, pelajar SMP, alamat Kec. Perbaungan diduga mengalami Epidemiologi positif covid-19 di Kabupaten Sergai.

Pada awalnya SL (15) merupakan seorang Pelajar SMP yang diketahui bersangkutan memiliki riwayat perjalanan ke luar Kota, yaitu ke Sidamanik, Kab Simalungun. Kemudian pada hari Sabtu tanggal 30 Mei 2020, yang bersangkutan mengeluhkan sesak nafas dan batuk, oleh keluarga SL langsung dibawa ke RSUD Deli Serdang untuk berobat.

Sampai di RSUD Deli Serdang, pasien dibawa ke IGD dan segera dilalukan pemeriksaan Rapid test dengan hasil non reaktif.

Baca Juga:  Menjelang Idul Fitri, Polres Tebing Tinggi Kembali Memberikan Paket Sembako Kepada Masyarakat Miskin

Selanjutnya pada hari Rabu tanggal 3 Juni 2020, yang bersangkutan melakukan pemeriksaan tes PCR/Swab di RSUD Deli Serdang, dengan keadaan tidak sesak dan tidak demam

Dan pada hari Sabtu tanggal 6 Juni, hasil pemeriksaan PCR/Swab yang bersangkutan keluar dan hasilnya dinyatakan Positif Covid 19. Yang bersangkutan sekarang sedang menjalani isolasi di Rumah Sakit Umum Daerah Deli Serdang. Pada hari Minggu tanggal 7 Juni 2020 dilakukan tracing riwayat perjalanan pasien dan kontak ke keluarga serta teman.

Baca Juga:  Kasat Lantas Polres Simalungun Silaturahmi dengan Awak Media, Ajak Rekan Pers Ikut Sosialisasikan Prokes dan Pelopor Keselamatan Berlalulintas

Keluarga inti dari SL akan dilakukan tes PCR/swab dan telah melakukan isolasi mandiri dan dipantau oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Serdang Bedagai. Adapun pihak keluarga korban akan diambil test swab PCR nya yaitu (E),  (SM) dan (A). Disarankan kepada keluarga untuk Keluarga SL dilakukan karantina mandiri, Petugas Kesehatan setempat (bidan desa) melakukan pengukuran tempratur (suhu tubuh) nya 2 kali sehari dan melaporkan suhu tubuhnya ke petugas kesehatan puskesmas/dinas kesehatan. Hari Senin tanggal 8 Juni 2020.

Dinas Kesehatan akan melakukan usaha preventif dengan kembali melakukan tracing dan menyemprot desinfektan di sekitar area tempat tinggal yang bersangkutan dan wilayah sekitar nya.

Baca Juga:  Dua Orang Pekerja Migran Indonesia Ilegal Diamankan oleh Personel Satgas Yonif 642/Kps

Dinas Kesehatan sudah melaksanakan serangkaian prosedur preventif sesuai dengan mekanisme yang berlaku. Juga menghimbau kepada warga untuk disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan demi memutuskan mata rantai pandemi Virus Corona atau Covid-19 tersebut.

Demikian hasil tracing dan laporan Kronologis dari Pasien Suspect Covid 19  SL (15) warga di Kec. Perbaungan. (Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19-Kabupaten Serdang Bedagai/Juru Bicara: Drs H. Akmal, AP, M.Si)

(TP/Syamsir)

Komentar