Cegah Penyebaran Virus Corona, Kapolres Sergai Bersama PJU Lakukan Rapid Test

SERGAI | TRANSPUBLIK.co.id — Dalam menghadapi pandemi virus corona atau Covid 19, jajaran Polres Serdang Bedagai melakukan Rapid Test kepada Kapolres dan Pejabat Utama Polres Serdang Bedagai, Jumat (3/4/2020).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kapolres Serdang Bedagai AKBP Robin Simatupang, S.H, M.Hum, Kabag Ops Kompol Sofyan, Kabag Ren Kompol Altur Pasaribu, Kanit Tipikor IPDA Edward Sidauruk, Kasubbag Humas IPDA Zulfan Ahmadi, Kadis Kesehatan Kab. Sergai dr. Bulan Simanungkalit, KA PAD Rasmaini Purba dan Paurkes Juniarti Situmorang.

Baca Juga:  Satgas DPP Badak Banten Gelar Rapat Persiapan Muswilub

Kapolres Sergai AKBP Robin kepada Wartawan mengatakan, pemeriksaan menggunakan rapid test ini bertujuan untuk mengecek kondisi Para Pejabat Utama Polres Serdang Bedagai dengan cara pemeriksaan darah dengan alat Rapid test tersebut.

“Kita lakukan pemeriksaan kepada Pejabat Utama dulu dengan mengecek darah melalui alat Rapid test, dan hasilnya dapat diketahui dalam waktu 15 menit,” kata Kapolres.

Ia juga menambahkan, bahwa kegiatan pemeriksaan tersebut sebagai upaya pengadaan Alat Pelindung Diri (APD) untuk Personil Polri dalam memberikan himbauan kepada masyarakat yang tidak mengindahkan arahan pemerintah agar tetap berada dirumah dan tidak berkerumunan massa.

Baca Juga:  Relawan "Setia Sampai Akhir" Siap Menangkan Ir. H. Soekirman - Tengku Ryan Novandi

“Nantinya pengadaan alat ini untuk APD Personil kita, sesuai Protokol kesehatan dan protokol keselamatan dalam memberikan himbauan terhadap masyarakat yang masih berkumpul di luar rumah,” ungkap Kapolres.

Sementara Kadis Kesehatan dr. Bulan juga mengatakan, bahwa penggunaan Rapid test dengan cara mengambil sampel darah untuk di uji,memeriksa virus menggunakan IgG dan IgM dalam darah, karena darah terdapat sejenis antibodi yang terbentuk di dalam tubuh saat kita mengalami infeksi virus.

Baca Juga:  Koramil Teras Mengingatkan Warga Masyarakat yang Mulai Lupa

“Jika dalam tubuh terjadi infeksi virus, maka jumlah IgG dan IgM di tubuh akan bertambah, hasil nya akan keluar dalam 10 sampai 15 menit, ini hanya untuk screening awal tidak dapat memastikan diagnosa Covid-19,” jelas dr. Bulan. (RH)

(TP/Ad/

Komentar