Presiden Ghana: Saya Tahu Cara Menghidupkan Ekonomi yang Mati Tetapi Tidak Tahu Cara Menghidupkan Orang yang Mati

GHANAPresiden Ghana mengatakan kalau beliau tahu cara menghidupkan ekonomi yang mati tetapi tidak tahu bagaimana cara menghidupkan orang yang mati.

Sebuah quote yang sangat benar sekali. Ekonomi bisa pulih, Orang mati tidak bisa hidup lagi. Quote ini sekarang banyak digunakan untuk mendesak pemerintah melakukan lockdown, bahkan dari salah satu jurnalis favorit saya.

 

 

Baca juga:

Kapolres Simalungun Pimpin Sertijab 2 Kapolsek

Well, beliau tidak secara langsung mendesak, tapi secara implisit menyatakan itu dengan postingan IG nya.

Benar…., saya pun setuju, kalau lockdown akan menghentikan penyebaran dengan lebih baik, akan tetapi lockdown juga tidak bisa serta merta dilakukan, karena ada banyak sekali pertimbangan yang kadang kita tidak paham karena kita tidak ada di situasi tersebut.

Baca Juga:  Pelaku Pelemparan Bus yang Tewaskan Pemudik Dibekuk

Kalau lockdown, buat kita (teman yang masih bisa baca ini) biasa aja sepertinya. Palingan bosen, seperti saya udah lebih dari 2 minggu di rumah. Bosen emang memuncak. Adalah tabungan sedikit. Kalau cuma 1-2 bulan pun sanggup lah, soalnya udah penuh juga kulkas dan lemari di rumah. Namun bagaimana dengan mereka yang bergantung dengan mengais rezeki yang dilakukan setiap harinya??

Baca Juga:  Sweeping dan Razia Balapan Liar dan Knalpot Brong, 5 Unit Knalpot Brong Diamankan Satlantas Polres Toba

Situasi memang serba salah buat mereka. Maju kena, mundur kena. Karantina di rumah, belum tentu bisa bertahan hidup 3 hari. Tapi kalau cari sesuap nasi di luar, bulan depan bisa aja mati karena kena virus. Belum lagi menularkan kepada orang lain. Terus harus bagaimana??

Saya tidak menentang lockdown, tapi saya pun tidak bisa mendukung sepenuhnya. Lockdown hanya bisa dilakukan jika pemerintah siap. Dan memang saya rasa pemerintah agak lambat dalam mengambil tindakan. Sehingga situasi mulai tak terkendali dan semakin serba salah.

Baca juga:

Polsek Salak Bersama Dengan Perangkat Desa Laksanakan Disinfektanisasi ke Pemukiman Warga di Salak

Well, maybe gaji semua para Pejabat tinggi, anggota DPR, menteri dan Aparatur pemerintah yang udah lumayan, bersedia gajinya dipangkas selama lockdown dan diberikan kepada mereka yang pasti membutuhkan pada saat lockdown??. Seperti yang dilakukan Kang Ridwan di Prov. Jabar.

Baca Juga:  Polres Rokan Hilir Menggelar Sosialisasi Kesehatan dalam Rangka Pencegahan Penularan dan Penanggulangan COVID-19

Just a thought. Di rumah terus. Kalau tidak ngetik, ntar kita makan terus malahan naik lagi berat badan ini.

(Tajuk-Joe)

Komentar