Kadisdik Batu Bara Ilyas: Bupati Batu Bara Harapkan Tidak Ada Lagi Sekolah yang Peringkat Akreditasi C di Batu Bara

BATU BARA | TRANSPUBLIK.co.id –Berbagai program kegiatan yang telah dilaksanakan BAN S/M Provinsi Sumatera Utara salah satunya adalah ter akreditasinya sekolah kita di Kabupaten Batu Bara ini, dan dibuktikan pada hari ini telah diserahkan kepada sekolah sekolah kita berupa Pemberian Sertifikat Akreditasi kepada sekolah langsung oleh ketua BAN S/M Provinsi Sumatera Utara, Prof. Subhilhar, M.A., Ph.D,.

Hal tersebut dikatakan Kadis Pendidikan Kabupaten Batu Bara, Ilyas Sitorus, S. E., M Pd., saat menyampaikan sambutan selamat datang kepada BAN S/M yang di ketuai Prof. Subhilhar, M.A., Ph.D.,
pada acara penyerahan serifikat Akreditasi kepada perwakilan sekolah SD dan SMP di di SMPN 3 Air Putih, 03/03/2020.

Ilyas mengatakan bahwa Bupati Batubara, Ir. H. Zahir, M AP., setelah mendengar masih ada sekolah di Batu Bara memperoleh Peringkat Akreditasi C, meminta Kadisdik mencari tau kenapa hal itu terjadi, tolong pelajari, kalau perlu lakukan pembinaan teknis dalam hal akreditasi sekokah tersebut hadirkan nara sumber yang tepat untuk itu seperti BAN S/M kata Ilyas menuturkan harapan Bupati.

Baca Juga:  Ketua DPD PSI Sergai Bersama Pemuda Pemudi Sergai Melakukan Gerakan Bagi-bagi Masker dan Sosialisasi Tentang Sosial Distancing di Kec. Perbaungan Sergai

Masih menurut Ilyas bahwa berdasarkan Permendikbud Nomor 59 Tahun 2012 (pasal 1 ayat 2) Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah adalah badan evaluasi mandiri yang menetapkan kelayakan program dan satuan pendidikan jenjang pendidikan dasar dan menengah jalur formal dengan mengacu pada standar nasional pendidikan,” ujar Ilyas.

Ilyas juga menyampaikan permohonan maafnya karena pada jam yang di sama masih berada di sebuah kegiatan Pelantikan Pengurus Asosiasi Pengawas Seluruh Indonesia (APSI) Yang dilanjutkan dengan Seminar terkait dengan merdeka Belajar Kabupaten Batu Bara.

Disamping itu juga Ilyas terlihat sangat senang ternyata Ilyas bertemu kembali dengan para seniornya sekaligus sahabat-sahabat lamanya semasa di Kanwil Depdikbud/ke Dinas Pendidikan provinsi Sumatera Utara.

Baca Juga:  Bobby Nasution: Narkoba Harus Segera Dituntaskan Guna Mewujudkan Indonesia Emas 2045

Sementara Ketua BAN Sumatera Utara, Prof. Subhilhar, M.A., Ph.D.,
yang didampingi Drs. Hermansyur, M. Si, Mangasal Singarimbun, S.H., Drs. Bahrizal, M. Pd., Riris Simamora, S.E., M. AP dan tim lainnya mengatakan bahwa, Hasil kerja BAN-S/M yang merupakan Jenjang sebuah Akreditasi satuan pendidikan sangat perlu di ketahui masyarakat guna memperoleh informasi tentang status dan peringkat akreditasi sekolah/madrasah yang bersangkutan.

Selamat kepada sekokah yang memperoleh predikat Akreditasi A dan B di kabupaten Batu Bara, ujarnya.

Subhilhar juga berpesan kepada sekolah sekolag yang telah mendapat akreditasi agar segera mensosialisasikannya.

Masyarakat perlu memperoleh informasi tentang status dan peringkat akreditasi sekolah/madrasah. Untuk itu, hasil akreditasi perlu disosialisasikan bersama sama baik oleh BAN-S/M dan BAP-S/M maupun sekolah yang bersangkutan kepada masyarakat.

Baca Juga:  Poldasu | Kapoldasu Membahas Rangka Dalam Ops Aman Nusa II Wilayah Sumut

Kegiatan sosialisasi dilakukan dapat melalui media massa, website, dan media lainnya termasuk pada saat pertemuan dengan orangtua atau masyarakat luas.

Di akhir sambutannya, Subhilhar sangat menyambut baik harapan Pak Bupati Batu Bara, Ir. H. Zahir, M. AP., yang merupakan sahabat baik saya sebagai mana yang di sampaikan Kadisdik Batu Bara, Ilyas yang akan melaksanakan pembimbingan secara teknis kepada sekolah khusus bagi sekolah yang masih memperoleh peringkat Akreditasi C dengan mengundang Tim BAN S/M Provinsi untuk membantu proses kelengkapan administrasi dan sejenisnya dalam keperluan Akreditasi ke depannya.

Kami sambut baik itu dan salam hirmat untuk Pak Bupati. Kami juga berharap agar sekolah-sekolah di Sumatera Utara ini menjadi peringkat Akreditasinya minimal B,” tutup Subhilhar. (RH)

(TP/Ad)

Komentar