Camat Sidikalang Robot Simanullang MAB Menghadiri Musyawarah Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa di Desa Kalangan Simbara Dairi

DAIRI | TRANSPUBLIK.co.id — Robot Simanullang MAB selaku Camat Sidikalang menghadiri Musrenbang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) Desa Kalang Simbara, Kecamatan Sidikalang, Kabupaten Dairi, Selasa (10/3/2020).

Robot Simanullang MAB selaku Camat Sihotang dalam sambutannya menyampaikan bahwa visi RPJMDes Kalang Simbara Tahun 2019-2025 harus mengacu pada Rencana pembangunan Jangka Daerah (RPJMD) dan harus selaras dengan Visi RPJMD Kabupaten Dairi Tahun 2019-2024.

“RPJMDes harus mengacu pada RPJMD Kabupaten Dairi. Perlu diingat bahwa perencanaan pembangunan Desa merupakan bagian dari sistem perencanaan pembangunan Daerah,” ujarnya.

Baca Juga:  Lembaga | Sekber DPW SWI Sumut Gelar Ramus Pembentukan Struktur Personalia Pengurus Wadah Lembaga

“Dalam Penyelarasan dilakukan untuk mengintegrasikan program dan kegiatan pembangunan Kabupaten dengan pembangunan Desa,” sambungnya.

Dalam Musrenbang RPJMDesa Kalang Simbara, Camat juga meminta agar menetapkan Prioritas, program, kegiatan dan kebutuhan pembangunan Desa yang meliputi kualitas dan akses pelayanan dasar, infrastruktur, ekonomi pertanian produktif, pengembangan dan pemanfaatan Teknologi Tepat Guna (TTG), dan kualitas trantib.

“Saya meminta supaya hal-hal prioritas diutamakan. Selain itu, saya juga meminta agar peningkatan kualitas SDM yang berdaya saing dimasukkan dalam RPJMDesa Kalang Simbara, termasuk penanggulangan stunting,” ucapnya.

Baca Juga:  Kapolres Simalungun AKBP Agus Waluyo, SIK., Hadiri Rapat Koordinasi Pilkada Serentak 2020

Camat Sidikalang menyampaikan bahwa Bupati Dairi Dr Eddy KA Berutu telah menginstruksikan agar pelayanan dimulai dari Dusun dan melakukan quick response (Respon Cepat).

“Bupati Dairi telah mengintruksikan agar pelayanan dimulai dari Dusun-dusun dan melakukan quick respon.

“Sesuai arahan Bupati Dairi, kepada Kepala Desa beserta perangkatnya harus bekerja dengan cepat sehingga motto kerja, kerja, kerja untuk mewujudkan Dairi Unggul dapat tercapai dengan cepat,” ungkap Robot Simanullang.

Ketua BPD Kalang Simbara, Delphi Masdiana Ujung SH MSi dalam sambutan menyampaikan bahwa penyusunann RPJM Desa Kalang Simbara telah dilakukan melalui tahapan dan dimulai dari musyawarah Dusun hingga musyawarah Desa.

Baca Juga:  Pemko Medan Sosialisasikan Perda No 1 tahun 2022 tentang RTRW Kota Medan Tahun 2022-2042

Ketua BPD juga mengajak peserta Musrenbang untuk memberikan saran dan masukan untuk kesempurnaan RPJM Desa Kalang Simbara khususnya bidang pelayanan dasar dan kebutuhan masyarakat.

“Musrenbang ini sudah kita lakukan sesuai tahapan dan dimulai dari musyawarah dusun hingga desa. Kita juga menerima saran dan masukan untuk kesempurnaan RPJMDesa ini,” kata Delphi.

(TP/Kb. Dairi/Mayor Herwindo Hutagalung)

Komentar