Kapolrestabes Medan Pimpin Upacara Korps Raport Kenaikan Pangkat

TransPublik.co.id, MedanKapolrestabes Medan, Brigjen pol Dr Dadang Hartanto pimpin upacara korps raport kenaikan pangkat setingkat Perwira, Bintara dan ASN Polri TMT 01-01-2020 sejajaran Polrestabes Medan, bertempat di Lapangan Apel Polrestabes Medan, Jl. H M Said No 1 Medan pada Selasa (31/12/2019).

Upacara Korps Raport ini dihadiri oleh Kapolrestabes Medan Brigjen Pol Dr Dadang Hartanto,SH SIK MSi, Waka Polrestabes
Medan Akbp Rudi Rifani, SIk, Para Kabag, Kasat, Kasi, Kapolsek Jajaran Polrestabes Medan, Ketua Cabang Bhayangkari Kota Medan dan Personel Polrestabes Medan.

 

 

Para personil yang naik pangkat setingkat lebih tinggi sebanyak 228 personil. Dari pangkat Kompol ke AKBP 2 Personel, AKP ke Kompol 4 personil, Iptu Ke Akp 16 Personel, Ipda ke Iptu 35 personil, Aiptu Ke Ipda 5 Personel, Aipda ke Aiptu 2 personil, Bripka ke Aipda 18 personil, Brigadir ke Bripka 49 Personil, Briptu ke Brigadir 3 personil dan Bripda ke Briptu 94 personil.

Baca juga: Kapolsek Medan Helvetia Menghadiri Syukuran HUT Ke-58 Korsp Wanita Angkatan Darat di Balai Panggung Prajurit Kodam I/BB

Kapolrestabes Medan Brigjen Pol Dr Dadang Hartanto, SH, SIK, MSi mengatakan pada hari  tersebut menyelenggarakan kegiatan upacara korps rapot kenaikan pangkat ini bervariasi dari pangkat Bripda sampai AKBP.

Baca Juga:  Kapolres Rokan Hilir Melalui Kasat Narkoba Bantah Tudingan Pemberitaan Adanya Rekayasa Terkait Penangkapan Pelaku Berinisial JF Siahaan

Kenaikan pangkat ini merupakan bentuk prestasi yang rekan-rekan buat. Jadi bukan hak ini adalah suatu bentuk prestasi yang rekan-rekan buat karena apabila rekan tidak berprestasi, ada permasalahan, ada hal-hal yang tidak sesuai dengan norma maka rekan tidak akan naik pangkat.

Oleh karena itu, ini akan menjadi kebanggaan sekaligus motivasi untuk terus berkarya agar lebih baik kedepannya, dengan adanya pangkat ini akan mendorong kekuatan Polri untuk terus dipercaya oleh masyarakat, sumber daya menjadi faktor kunci bagi organisasi kita untuk menciptakan kinerja yang baik kinerja. Kinerja yang baik akan menghasilkan kepercayaan kepada masyarakat. Masyarakat kepecayaannya semakin meningkat, eksistensi Polrinya semakin kuat dan untuk rekan perlu ketahui di dalam pangkat tersebut akan tersirat.

Faktor-faktor Tersirat itu bisa dilihat sebagai berikut:

1. Di dalam pangkat itu orang ini bisa dihitung berapa lama dia hidup di dalam organisasi, tidak mungkin orang baru lulus langsung pangkatnya jadi perwira tapi rata–rata yg berpengalaman di organisasi lebih dari 5 tahun. Jadi lamanya hidup di dalam organisasi artinya orang ini pangkat yang tinggi menunjukkan pengalaman, pengalaman yang baik dalam oraganisasi.

Baca Juga:  Banyaknya Karangan Bunga Ucapan Hari Bhayangkara ke-74 Tahun 2020 di Polsek Medan Helvetia

2.Pangkat juga akan menunjukkan professionalisme kita ketika orang lama berpengalaman di dalam organisasi maka kekayaan di dalam dirinya semakin baik, pembelajaran di dalam dirinya semakin baik. Tentu diharapkan selama dia di dalam organisasi dia akan terus belajar Learning by Doing (bekerja sambil belajar), baik belajar dari seniornya maupun belajar melalui pendidikan secara formal atau pun belajar secara outodidak. Tentu yg dipelajari hal yang baik, bukan hal yang menyimpang. Bagaimana memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.

3.Pangkat juga menunjukkan tingkat kedewasaan seseorang karena semakin tinggi pangkat maka akan ada junior yang di bawahnya harus menunjukkan jati diri dia sebagai seorang senior yang baik, yang memberikan contoh kepada juniornya. Perwira berikan contoh kepada bintara, brigadir senior memberikan contoh kepada junior sehingga akan menimbulkan budaya baik kehidupan organisasi.

4.Pangkat juga akan menimbulkan kesan controlnya, control terhadap dirinya semakin baik kenapa kalau dia tidak mampu mengontrol dirinya sendiri maka dia tidak akan mampu menempati pangkatnya yang baik. Semakin tinggi pangkatnya semakin dibutuhkan oleh masyarakat.

Baca Juga:  POLRI | Subden KBR Brimob Poldasu Gelar Penyemprotan Disinfektan Areal Polsek Medan Area Polrestabes Medan

Saya pernah mengelompokkan anggota organisasi Polri berdasarkan beberapa kelompok yaitu:

1. Ada orang-orang kunci

Orang ini tidak ada dicari oleh pimpinannya, dicari oleh sistem. Dia merupakan personel kunci di dalam organisasi. Dia bekerja dengan sungguh.

2.Orang Pendukung

Orang ini ada dia semakin kuat tetapi tidak ada dia tidak apa-apa karena ada orang kunci tadi.

3.Ada dia tidak ada dia organisasi tidak apa-apa

4.Ada dia pimpinan malah stres karena apa dia hadir membuat masalah.

 

Mendapat kenaikan pangkat, hal yang dilakukan adalah :

1.Kita harus Bersyukur
2.Koreksi diri apa yang sudah saya buat untuk kepentingan organisasi
3.Berbuat yang terbaik untuk kinerja yang akan datang.

Baca juga:

Acara Sunatan Massal Menutup Tahun Dalam Berbagi Keberkahan Telah Terlaksana dengan Khidmat dan Lancar

Selamat kepada rekan yang naik pangkat dan pendamping Bhayangkari, saya ucapkan selamat .Terus dampingi suaminya untuk berkarya dengan Baik. Usai memberikan arahan dan sambutannya, Kapolrestabes Medan dan Pejabat Utama Polrestabes Medan menyalami personil yang naik pangkat dan dilanjutkan tradisi siraman kembang. (ayatullah)

Komentar