7 Cara Jitu Mengatasi Perut Kembung Karena Masuk Angin

Sesuai dengan namanya, perut kembung terjadi ketika ada sejumlah gas yang menumpuk di dalam perut meliputi sistem pencernaan. Siapa pun yang mengalami kondisi ini tentu akan mengeluhkan perasaan tidak nyaman.

Ini karena selain terasa begah, perut kembung juga biasanya akan membuat ukuran perut tampak lebih besar daripada biasanya. Di samping menggunakan obat medis untuk mengatasi perut kembung, ternyata ada berbagai cara dan perawatan rumahan guna meredakan keluhannya.

1. Kompres dengan air panas

 

Jika Anda sedang punya banyak waktu luang di rumah, tidak ada salahnya untuk mencoba cara mengatasi perut kembung yang satu ini.

Rendam waslap atau kain bersih dalam satu baskom air panas, kemudian peras kelebihan airnya. Tempelkan kompres panas tersebut selama 10-15 menit di atas perut untuk meredakan rasa nyeri dan kram.

Cara lainnya, bisa dilakukan dengan mengisi botok plastik dengan air panas dan balut dengan handuk tipis. Selanjutnya, tempelkan di atas perut seperti sebelumnya.

Baca Juga:  Kasus Covid-19 Kembali Meningkat, Polda Sumut Himbau Masyarakat Perketat Prokes

Suhu hangat dapat membantu melebarkan pembuluh darah, sehingga darah pembawa oksigen bisa mengalir dengan lancar. Bukan hanya itu. Otot-otot perut juga menjadi lebih kendur dan rileks, yang pada akhirnya dapat mengurangi nyeri, kembung, serta membantu mengeluarkan kelebihan gas.

2. Lakukan dengan bergerak jalan kaki

gaya berjalan

Pasalnya, olahraga ringan dapat membantu mengendurkan otot-otot usus, sehingga memperlancar geraknya untuk mengalirkan kelebihan gas yang terperangkap di perut. Di sisi lain, cara mengatasi perut kembung yang satu ini juga dapat membantu melancarkan pembuangan feses.

Dengan begitu, penumpukan gas yang menyebabkan perut kembung juga bisa ikut keluar bersama feses. Cara lainnya Anda bisa mencoba latihan pernapasan dengan menarik napas dalam-dalam secara perlahan. Kemudian keluarkan juga dengan perlahan dalam 10 hitungan.

3. Beri pijatan pada perut

teknik pijat

Baca jugaAir Pare yang Panas Dapat Membunuh Sel Kanker

Anda tidak perlu bingung, begini cara melakukan pijat perut yang tepat:

  • Letakkan kedua tangan tepat di atas tulang pinggul sebelah kanan.
  • Pijat perlahan dengan gerakan memutar, disertai tekanan ringan ke arah sisi kanan tulang rusuk.
  • Lakukan pijatan dengan mengarah ke perut bagian atas, kemudian ke tulang rusuk sebelah kiri.
  • Lanjutkan dengan membawa pijatan tangan tersebut ke bagian bawah menuhu tulang pinggul sebelah kiri.
  • Ulangi cara yang sama seperlunya.
Baca Juga:  Sepeda Motor Ojol Hancur Dihantam Sigra di Gedung Arca Medan

Pijatan pada perut memang diyakini bisa meredakan ketidaknyamanan karena perut kembung. Namun, jika dirasa tidak kunjung membaik dan malah memperparah kembung, sebaiknya hentikan pijatan dan pilih perawatan lainnya.

4. Makan dengan pelan-pelan

makan salad untuk otak sehat

Kondisi inilah yang kemudian menyebabkan perut terasa kembung, penuh, dan begah. Sebagai cara untuk mengatasi perut kembung, usahakan untuk mengunyah sekitar 30 hitungan.

Maka itu, sebaiknya untuk selalu mengunyah makanan sampai halus terlebih dahulu sebelum menelannya. Dengan begitu, dapat mencegah munculnya gangguan percenaan, termasuk perut kembung.

5. Buat cara dengan buang angin dan sendawa

cara mencegah mulut kering saat puasa

Maka ketika perut sudah terasa tidak nyaman, cepat-cepat cari kesempatan untuk menjauhkan diri dari orang sekitar untuk buang gas.

Anda juga bisa mengeluarkan gas yang terperangkap dengan buang air besar. Gas akan keluar bersamaan dengan feses dan membuat perut Anda lebih lega.

Baca Juga:  Pasca Libur Idul Fitri 1442 H, Seluruh Pegawai Kejati Sumut Langsung Rapid Antigen

6. Hindari merokok

stop merokok

Semakin banyak jumlah udara dan asap yang masuk, akan semakin memperbanyak jumlah gas yang penumpuk di dalam sistem pencernaan. Di sisi lain, kebiasaan ini juga membuka peluang timbulnya iritasi pada pencernaan.

Jadi, alangkah baiknya untuk mengurangi atau bahkan menghentikan kebiasaan merokok ini, demi mengatasi perut kembung yang Anda alami.

7. Hindari minum soda

minum soda setelah olahraga

Karbon dioksida tersebut dapat menimbulkan gelembung di perut, sehingga mengakibatkan kembung. Terlebih karena biasanya bir, soda, dan minumam berkarbonasi diberi tambahan pemanis buatan.

Baca jugaJoko Widodo: Menteri Kesehatan Menemukan Cara untuk Mengatasi Defisitnya BPJS Kesehatan

Pemanis buatan yang terkandung dalam makanan dan minuman inilah yang memicu penumpukan gas, sehingga membuat perut menjadi kembung. Dalam kondisi ini, pilihan minuman yang bisa Anda perbanyak yakni air putih.

Selain membantu mengurangi jumlah gas di perut, Anda juga akan merasa lebih nyaman setelahnya. (sumber referensi: https://hellosehat.com).

(tp/adm)

Komentar